EFEKTIVITAS GEL CAMPURAN DAUN JAMBU BIJI (Psidium guajava) DAN LIDAH BUAYA (Aloe vera) UNTUK MENGURANGI RADANG JERAWAT PADA KULIT WAJAH

Anita Sahara , 5402411038 (2015) EFEKTIVITAS GEL CAMPURAN DAUN JAMBU BIJI (Psidium guajava) DAN LIDAH BUAYA (Aloe vera) UNTUK MENGURANGI RADANG JERAWAT PADA KULIT WAJAH. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1570Kb)

    Abstract

    Jerawat terjadi karena penyumbatan pada pilosebaseus dan peradangan yang umumnya dipicu oleh propionibacterium acne. Salah satu bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati peradangan jerawat adalah daun jambu biji dan lidah buaya. Oleh karena itu, penelitian ini akan menformulasi daun jambu biji dan lidah buaya menjadi bentuk gel dalam tiga formula yang bertujuan untuk mencari tingkat kesukaan masyarakat, kualitas inderawi dan tingkat keefektifan pengurangan radang jerawat. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain pre eksperimental design, obyek penelitian ini adalah produk gel dengan ukuran bahan berbeda yaitu F1 (75% daun jambu biji : 25% lidah buaya), F2 (50% daun jambu biji : 50% lidah buaya), F3 (25% daun jambu biji : 75% lidah buaya). Subyek penelitian ini adalah 9 orang yang berjerawat jenis pustule. Teknis analisis datanya menggunakan analisis rata-rata. Hasil tingkat kesukaan masyarakat pada F1 memperoleh nilai rata-rata 2,65, F2 memperoleh nilai rata-rata 2,70 dan F3 memperoleh nilai rata-rata 3,04. Hasil uji inderawi pada F1 mendapatkan nilai rata-rata 2,57, F2 mendapatkan nilai rata-rata 2,93 dan F3 mendapatkan nilai rata-rata 3,05. Hasil uji klinis pada F1 mendapatkan nilai rata-rata 1,81, F2 mendapatkan nilai rata-rata 0,78 dan F3 mendapatkan nilai rata-rata 0,78. Kesimpulan 1) keefektifan tertinggi tingkat kesukaan masyarakat pada F3 dengan kriteria “suka” dan pada uji klinis menunjukkan semua formula terbukti efektif terhadap pengurangan radang jerawat dan F1 diketahui paling tinggi keefektifan penyembuhannya 2) pada uji inderawi menunjukkan kualitas inderawi terbaik pada F3 dengan kriteria “berkualitas baik”. Saran untuk penelitian lebih lanjut dapat menginovasikan daun jambu biji dan lidah buaya kedalam bentuk produk lain sebagai obat jerawat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Gel, Jerawat, Daun jambu biji, Lidah buaya
    Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
    Depositing User: titin fitriyani unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 18:07
    Last Modified: 11 Nov 2015 18:07

    Actions (login required)

    View Item