KOMPARASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ANTARA PEMBELAJARAN MEAs DAN ARIAS MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS-VIII


Arif Wicaksana , 4101410053 (2014) KOMPARASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ANTARA PEMBELAJARAN MEAs DAN ARIAS MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS-VIII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101410053-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Salah satu kemampuan yang dikembangkan dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan pemecahan masalah. Karena itu diperlukan model pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk mengeksplorasi sendiri setiap masalah yang berkaitan dengan masalah matemnatika. Model pembelajaran yang memenuhi kriteria tersebut adalah Model Eliciting Activities (MEAs) dan Assurance, Relevansi, Interest, Assessment, satisfaction (ARIAS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komparasi model pembelajaran MEAs maupun ARIAS dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Islam Sudirman tahun ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini adalah sekelompok siswa yang terhimpun dalam satu kelas dengan ketentuan dua kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling dengan mengambil 3 kelas secara acak dari 6 kelas sebagai populasi. Dengan pertimbangan tidak ada kelas unggulan, dalam arti setiap kelas mempunyai kemampuan yang sama dibidang matematika. Hasil penelitian adalah (1) Kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas-VIII yang memperoleh pembelajaran model MEAs (Model Eliciting Activities) dapat mencapai KKM secara klasikal, (2) Kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas-VIII yang memperoleh pembelajaran model ARIAS (Assurance, Relevansi, Interest, Assessment, satisfaction) dapat mencapai KKM secara klasikal, dan (3) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas-VIII yang memperoleh pembelajaran dengan model MEAs (Model Eliciting Activities) lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas-VIII yang memperoleh pembelajaran dengan model ARIAS (Assurance, Relevansi, Interest, Assessment, satisfaction). Saran dalam peneliti ini adalah pemilihan dan penggunaan pendekatan pembelajaran dengan menggunakan MEAs atau ARIAS dilakukan oleh Guru Matematika SMP Islam Sudirman Ambarawa untuk meningkatkan kompetensi guru dan hasil belajar khususnya pada kemampuan pemecahan masalah siswa, persiapan perangkat pembelajaran, pengelolaan waktu, dan pengelolaan kelas harus diperhatikan pada saat pelaksanaan pembelajaran dengan MEAs atau ARIAS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ARIAS, Komparasi, Kemampuan Pemecahan Masalah, MEAs
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 23:03
Last Modified: 11 Nov 2015 23:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21271

Actions (login required)

View Item View Item