PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PENATAAN RAMBUT SISWA SMKN 1 KALINYAMATAN JEPARA


Evi Afrianti, 5402410014 (2015) PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PENATAAN RAMBUT SISWA SMKN 1 KALINYAMATAN JEPARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5402410014-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dalam pendidikan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan. Berdasarkan observasi di SMKN 1 Kalinyamatan Jepara dalam proses pembelajaran Penataan Rambut di kelas XI tahun 2014/2015 masih didominasi metode pembelajaran ceramah. Siswa menjadi kurang aktif, bosan dan materi yang disampaikan tidak terserap seluruhnya. Untuk membuat siswa aktif dalam pembelajaran diduga dengan metode pembelajaran Group Investigation siswa menjadi aktif dan kreatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pembelajaran Group Investigation pada kompetensi penataan rambut dapat meningkatkan hasil belajar dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran penataan rambut dengan pembelajaran Group Investigation. Penelitian ini menggunakan metode Pre Experimental dengan desain One Group Pretest Posttest. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI Tata Kecantikan dengan 17 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI Tata Kecantikan yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Jenuh. Analisis data menggunakan analisis uji-t dan uji gain. Hasil penelitian aspek kognitif didapatkan t hitung sebesar 6,241 dan t tabel 2,78 untuk aspek psikomotorik didapatkan t hitung sebesar 15,10 dan t tabel 2,037. Uji gain aspek kognitif didapatkan nilai 0,44 dan aspek psikomotorik sebesar 0,61 dengan kriteria peningkatan sedang. Dapat disimpulkan bahwa pemebelajaran Group Investigation yang digunakan dapat meningkatkan hasil belajar terlihat dari nilai pretest dan posttest dan besarnya peningkatan hasil belajar pembelajaran penataan rambut siswa aspek kognitif 44% aspek psikomotor 61%. Sebagai sarana Guru mata pelajaran harus mampu memilih metode yang tepat dan memahami metode untuk proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tercapai dengan maksimal dan Guru sebaiknya menggunakan metode yang bervariasi untuk menghindari kejenuhan siswa sehingga siswa dapat menyerap materi secara maksimal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Group Investigation, Hasil belajar, Kompetensi Penataan Rambut
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: titin fitriyani unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 22:59
Last Modified: 11 Nov 2015 22:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21267

Actions (login required)

View Item View Item