PEMBELAJARAN MODEL SSCS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MATERI BARISAN DAN DERET TAK HINGGA


Dwi Retno Asih, 4101410032 (2015) PEMBELAJARAN MODEL SSCS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MATERI BARISAN DAN DERET TAK HINGGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101410032-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran menjadi hal yang harus diperhatikan untuk peningkatan mutu pendidikan Indonesia. Untuk mengetahui peningkatan mutu pendidikan salah satunya dengan penelitian. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji apakah model pembelajaran SSCS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI dengan hipotesis penelitian berikut: 1) untukmengujiapakah ratarata kemampuanberpikirkritissiswakelas XI dengan menggunakan model pembelajaran SSCS mencapai ketuntasan nilai KKM; 2) untuk menguji apakah rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI dengan menggunakan model pembelajaran SSCS lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran ekspositori; 3) untuk menguji apakah pembelajaran dengan menggunakan model SSCS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Desain eksperimen ini adalah Posttest-Only Control Design. Populasi yang ditentukan adalah siswa kelas XI. MIA SMA Negeri 12 Semarang. Sampel dipilih melalui teknik Cluster Random Sampling diperoleh kelas XI. MIA. 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI. MIA. 4 sebagai kelas kontrol dengan pengujian homogenitas pada data awal ppopulasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran SSCS sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis siswa. Data pada penelitian ini diperoleh dengan tes kemampuan berpikir kritis siswa dan mengumpulkan data dari guru mata pelajaran. Analisis data yang digunakan adalah ujin ormalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji t, uji proporsi z, uji kesamaan rata-rata dan uji gain ternormalisasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: 1) nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran SSCS mencapai nilai KKM (ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal) ; 2) nilai ratarata kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran SSCS lebih baik dari pada nilai rata-rata kemampuan berpikir kritissis wamenggunakan model pembelajaran ekspositori; 3) pembelajaran model SSCS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI secara invividual dan klasikal. Berdasarkan penelitian ini diharapkan model pembelajaran SSCS akan bisa diterapkan dalam pembelajaran ilmu pengetahuan yang lain dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sehingga kemampuan berpikir kritis siswa dalam setiap pembelajaran akan semakin baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran SSCS; Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 22:56
Last Modified: 11 Nov 2015 22:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21264

Actions (login required)

View Item View Item