PERBEDAAN LATIHAN DUMBBELL KICKBACKS DENGAN LATIHAN ONE-ARM OVERHEAD DUMBBELL EXTENSIONS TERHADAP KEMAMPUAN BACKHAND LOB BULUTANGKIS


Imam Tantowi, 6211410075 (2015) PERBEDAAN LATIHAN DUMBBELL KICKBACKS DENGAN LATIHAN ONE-ARM OVERHEAD DUMBBELL EXTENSIONS TERHADAP KEMAMPUAN BACKHAND LOB BULUTANGKIS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6211410075-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pukulan underhand lob adalah pukulan lob yang dilakukan dengan memukul shuttlecock dari bawah badan dan melambungkannya tinggi ke belakang. Kekuatan otot lengan merupakan komponen yang penting dalam bulutangkis agar bisa menghasilkan suatu pukulan yang baik. Latihan dumbbell kickbacks dan latihan one-arm overhead dumbbell extensions adalah variasi latihan beban yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot lengan. Permasalahan pada penelitian ini adalah 1) apakah ada perbedaan antara latihan dumbbell kickbacks dan latihan one arm-overhead dumbbell extensions terhadap kemampuan backhand lob?, 2) manakah yang lebih baik antara latihan dumbbell kickbacks dengan latihan one-arm overhead dumbbell extensions terhadap kemampuan backhand lob?. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen. Populasi yang digunakan adalah seluruh pemain PB Sehat Semarang dengan sampel 12 pemain tingkat pemula. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis data menggunakan uji t-test. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini ada 2 macam yaitu latihan dumbbell kickbacks dan latihan one-arm overhead dumbbell extensions sebagai variabel bebas dan untuk variabel terikatnya yaitu kemampuan backhand lob. Penelitian ini menunjukkan rata-rata hasil post test kemampuan backhand lob dari kelompok latihan dumbbell kickbacks dengan nilai 31,83 termasuk kategori nilai baik dan kelompok latihan one-arm overhead dumbbell extensions dengan nilai 30 termasuk kategori nilai baik menghasilkan nilai t hitung = 2,602, artinya t hitung > t tabel yaitu 2,602 > 2,571 dengan α = 5% dan dk 5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara data post test dari kelompok latihan dumbbell kickbacks dan kelompok latihan one-arm overhead dumbbell extensions dan latihan dumbbell kickbacks lebih baik dibanding latihan one-arm overhead dumbbell extensions. Simpulan dalam penelitian ini adalah (1) Ada Perbedaan antara latihan dumbbell kickbacks dengan latihan one-arm overhead dumbbell extension terhadap kemampuan backhand lob. (2) Latihan dumbbell kickbacks lebih baik dibandingkan dengan latihan one-arm overhead dumbbell extensions terhadap kemampuan backhand lob.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dumbbell Kickbacks, One-arm Overhead Dumbbell Extensions, dan Backhand Lob.
Subjects: O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 22:13
Last Modified: 11 Nov 2015 22:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21254

Actions (login required)

View Item View Item