KEEFEKTIFAN PBL BERBANTUAN STUDENT ACTIVE BOOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS VII


Wasis Sukrisno , 4101410024 (2015) KEEFEKTIFAN PBL BERBANTUAN STUDENT ACTIVE BOOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS VII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101410024-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis dan percaya diri siswa kelas VII SMP Negeri 1 Juwana masih belum optimal, untuk itu diperlukan sebuah inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan percaya diri siswa. Model Problem-Based Learning (PBL) dimulai dari pemberian masalah dunia nyata sehingga siswa aktif mengkonstruk pengetahuannya untuk dapat menemukan solusi permasalahan yang ada.Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bahwa pada pembelajaran matematika menggunakan model Problem-Based Learning berbantuan Student Active Book terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan percaya diri siswa efektif; (2) terdapat pengaruh diantara percaya diri dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diberi pembelajaran model Problem-Based Learning berbantuan Student Active Book. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Juwana tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, yang diperoleh kelompok siswa VII A sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran matematika menggunakan model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan Student Active Book dan kelompok siswa VII B sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran dengan pendekatan scientific. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, metode skala sikap, metode tes, dan metode observasi. Uji Hipotesis yang digunakan adalah uji rata-rata, uji proporsi, uji perbedaan dua rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis, uji perbedaan rata-rata skor skala sikap percaya diri, dan analisis regresi. Hasil analisis data akhir diperoleh kesimpulan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen mencapai KKM individual; (2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen mencapai KKM klasikal; (3) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol; (4) rata-rata skor skala sikap percaya diri siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol; (5) terdapat pengaruh positif antara percaya diri siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, PBL (Problem-Based Learning), Student Active Book, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Percaya Diri.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 22:50
Last Modified: 11 Nov 2015 22:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21253

Actions (login required)

View Item View Item