EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MIND MAPPING MATERI INVERTEBRATA


Siti Marpuah, 4401411064 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MIND MAPPING MATERI INVERTEBRATA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401411064-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan mendiskripsikan efektivitas model pembelajaran CIRC dengan mind mapping pada materi Invertebrata terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Wirosari. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMA Negeri 1 Wirosari tahun pelajaran 2014/2015 menggunakan metode Quasi experimental design dengan desain Nonequivalent control group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA (1, 2, 3, 4, dan 5). Sampel penelitian ini ditentukan secara Purposive sampling, yaitu siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2. Data penelitian berupa data hasil belajar kognitif, yang meliputi nilai peningkatan pretest dan posttest, nilai akhir siswa, nilai ketuntasan klasikal, aktivitas siswa, data tanggapan siswa, wawancara guru, dan data keterlaksanaan pembelajaran CIRC dengan mind mapping. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji t dan normalitas gain, sedangkan data aktivitas dianalisis menggunakan uji t dan deskriptif persentase. Berdasarkan analisis data terdapat perbedaan signifikan hasil belajar dengan t hitung 6,65 > t tabel 1,66, juga terdapat perbedaan signifikan pada aktivitas siswa dengan t hitung 6,65 > t tabel 3,07. Ketuntasan klasikal kelas kontrol sebesar 73,70%, sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 94,70%. Aktivitas siswa kelas eksperimen 78,22% lebih tinggi daripada kelas kontrol 71,24%. Siswa dan guru memberikan tanggapan baik terhadap pembelajaran CIRC dengan mind mapping karena dapat membantu siswa memahami materi Invertebrata dengan belajar mengkostruksi pengetahuan dan membuat catatan kreatif berupa mind mapping.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CIRC, mind mapping, hasil belajar, aktivitas, SMA Negeri 1 Wirosari
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 11 Nov 2015 22:33
Last Modified: 11 Nov 2015 22:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21252

Actions (login required)

View Item View Item