IMPLEMENTASI EXPERIENTIAL LEARNING DENGAN STRATEGI TTW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI GEOMETRI SISWA KELAS-VIII


Nur Fitri Kusumastuti , 4101410023 (2015) IMPLEMENTASI EXPERIENTIAL LEARNING DENGAN STRATEGI TTW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI GEOMETRI SISWA KELAS-VIII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101410023-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model experiential learning dengan strategi TTW dapat mencapai ketuntasan pada materi teorema Pythagoras Kelas VIII di SMP N 2 Ungaran tahun pelajaran 2014/2015; dan (2) mengetahui perbandingan tingkat ketercapaian rata-rata kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar menggunakan model experiential learning dengan strategi TTW dan siswa pada kelas kontrol pada materi teorema Pythagoras Kelas VIII di SMP N 2 Ungaran tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP N 2 Ungaran tahun pelajaran 2014/2015. Dari populasi tersebut, terambil dua kelas sampel, yakni kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang dikenai perlakuan menggunakan experiential learning dengan strategi TTW dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang tidak dikenai perlakuan seperti kelas eksperimen atau menggunakan model pembelajaran yang digunakan oleh guru matematika SMP Negeri 2 Ungaran yakni think-pair-share. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, tes dan observasi. Kedua kelas sampel diberikan tes dengan instrumen yang sama. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji proporsi, dan uji kesamaan rata-rata satu pihak. Simpulan yang diperoleh adalah: (1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model experiential learning dengan strategi TTW pada materi teorema Pythagoras Kelas VIII di SMP Negeri 2 Ungaran tahun ajaran 2014/2015 dapat mencapai ketuntasan dengan 83% siswa mencapai ketuntasan dan rata-ratanya mencapai 75.37; dan (2) kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen yang diajar menggunakan model experiential learning dengan strategi TTW lebih baik dibandingkan dengan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas kontrol yang diajar menggunakan model pembelajaran think-pair-share pada materi teorema Pythagoras Kelas VIII di SMP Negeri 2 Ungaran tahun ajaran 2014/2015. Disarankan model experiential learning dengan strategi TTW dapat diterapkan pada materi teorema Pythagoras dan materi lain yang relevan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: experiential learning, kemampuan komunikasi matematis, strategi TTW.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 22:05
Last Modified: 11 Nov 2015 22:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21248

Actions (login required)

View Item View Item