PENGEMBANGAN BUKU SAKU MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK SMP


Fahtria Yuliani, 4401410103 (2015) PENGEMBANGAN BUKU SAKU MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401410103-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar. Bentuk bahan ajar yang bermacam-macam dapat menjadi pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan guru dan siswa. Bahan ajar berupa buku yang digunakan oleh guru maupun siswa sebaiknya tidak hanya 1 jenis saja, hal ini untuk mengantisipasi apabila bahan ajar yang satu memiliki kekurangan dapat digunakan bahan ajar yang lain, dengan demikian bahan ajar yang ada saling melengkapi satu sama lain. Kenyataan di lapangan, buku yang digunakan dalam proses pembelajaran hanya buku dari Departemen Pendidikan Nasional Pusat yang dipinjamkan ke masing-masing siswa. Keterbatasan buku yang digunakan dapat menghambat proses belajar mengajar, sehingga pengetahuan yang diperoleh siswa kurang kompleks. Penelitian bertujuan mengetahui buku saku materi pemanasan global yang sesuai digunakan sebagai bahan ajar di SMP, serta mengetahui kelayakan dan efektifitas buku saku materi pemanasan global yang dikembangkan untuk SMP. Penelitian ini dirancang menggunakan metode Research and Development (R&D). Penilaian validator terhadap produk dianalisis dengan cara deskriptif persentase, validator terdiri dari ahli media dan ahli materi. Uji coba produk buku saku dilakukan di SMP Negeri 1 Ketanggungan sebanyak 36 siswa dari kelas VII E dan 34 siswa dari kelas VII F. Data yang diambil dalam penelitian adalah kelayakan buku saku oleh validator, hasil belajar siswa pada materi pemanasan global, serta tanggapan siswa dan guru terhadap buku saku. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil penilaian ahli media terhadap buku saku sebesar 96,4% dengan kriteria “sangat layak” dan hasil penilaian ahli materi terhadap buku saku sebesar 93,3% dengan kriteria “sangat layak”. Ketuntasan belajar klasikal kelas VII E sebesar 86,1% dan kelas VII F sebesar 91,1% (KKM: ≥75). Persentase tanggapan siswa dan guru pada uji coba produk buku saku mencapai >50%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku saku materi pemanasan global yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru adalah buku saku yang penuh warna dan gambar, serta berisi banyak latihan soal dan informasi pendukung materi. Buku saku materi pemanasan global yang dikembangkan layak dan efektif digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, buku saku, pemanasan global
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 11 Nov 2015 22:07
Last Modified: 11 Nov 2015 22:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21246

Actions (login required)

View Item View Item