PENGARUH SENAM STROKE TERHADAP PROFIL TEKANAN DARAH DAN DENYUT JANTUNG PADA LANSIA DI PANTI WREDHA HARAPAN IBU KOTA SEMARANG


Moh. Firda Maulana, 6211411004 (2015) PENGARUH SENAM STROKE TERHADAP PROFIL TEKANAN DARAH DAN DENYUT JANTUNG PADA LANSIA DI PANTI WREDHA HARAPAN IBU KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6211411004-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (939kB) | Preview

Abstract

Latar belakang: prevalensi lansia dari tahun ketahun meningkat dari tahun 2000 mencapai 15,8 juta jiwa atau 7,6 % menjadi 24,4 juta jiwa atau 10% yang diperkirakan pada tahun 2015, kondisi yang tidak aktif pada lansia menyebabkan terkena berbagai penyakit salah satunya stroke. Salah satu upaya mempertahankan kesehatan dan kebugaran lansia yaitu senam stroke. Tekanan darah dan denyut jantung merupakan indikator untuk mengevaluasi dengan cepat mengetahui kesehatan lansia. Tujuan penelitian: mengetahui pengaruh senam stroke terhadap profil tekanan darah dan denyut jantung pada lansia di Panti Wredha Harapan Ibu Kota Semarang. Metode penelitian: pre test and post test control group design, pemilihan sampel dengan teknik purposive sampling dilakukan pada 20 wanita yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 10 orang masing-masing kelompok berdasarkan kriteria inklusi dan kriteria eksklusi. Diperiksa denyut jantung dan tekanan darah sebelum dan sesudah perlakuan 2 hari sekali selama 5 minggu pada masing-masing kelompok. Analisis data menggunakan uji t independen. Hasil penelitian: terdapat penurunan denyut jantung dan penurunan tekanan darah (sistolik dan diastolik) pada kelompok perlakuan dibandingkan kelompok kontrol signifikan (ρ<0.05). Simpulan: senam stroke menurunkan tekanan darah dan denyut jantung pada lansia, saran senam stroke dapat digunakan sebagai alternatif nonfarmakologi menurunkan tekanan darah dan denyut jantung pada lansia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: senam stroke, tekanan darah, denyut jantung, lansia.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 21:57
Last Modified: 11 Nov 2015 21:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21245

Actions (login required)

View Item View Item