KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN BOOKLET HIGHER ORDER THINKING SKILL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X


Sinta Ayu Ambarwati, 4401410096 (2015) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN BOOKLET HIGHER ORDER THINKING SKILL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401410096-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan modal dasar sumber daya manusia untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan keterampilang diri. Salah satu permasalahan pada pembelajaran biologi adalah peserta didik kurang terlatih berpikir tingkat tinggi ditunjukkan oleh hasil studi TIMSS dan PISA yang belum mencapai skor rata-rata. Berdasarkan Observasi di SMA N 8 Semarang menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar pada materi ekosistem yang dicapai pada tahun ajaran 2012/2013 hanya mencapai 50%. Pola pembelajaran di kelas sering menggunakan metode ceramah dan presentasi oleh guru menyebabkan siswa cenderung pasif, dan kurang kritis dalam menerima pembelajaran, serta kemampuan menyelesaikan soal tingkat tinggi belum baik. Belum adanya sumber belajar yang melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi menjadi salah satu sebab pembelajaran kurang mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan saintifik berbantuan booklet Higher Order Thinking Skill terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Semarang pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Sampel pada penelitian diambil dengan metode cluster random sampling, dengan rancangan penelitian true experimental design dengan pola posttest only control design. Data hasil belajar diperoleh dari hasil posttest. Data aktivitas siswa diperoleh berdasarkan hasil penilaian observer dan data tanggapan siswa terhadap pembelajaran diperoleh melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki hasil belajar, dan aktivitas siswa yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Ketuntasan klasikal hasil belajar dengan nilai ketuntasan 72 yang dicapai kelas eksperimen sebesar 78,7% sedangkan kelas kontrol sebesar 21,8 %. Ketuntasan klasikal aktivitas siswa kelas eksperimen sebesar 61,6% sedangkan kelas kontrol sebesar 40,3%. Siswa memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran dengan persentase 91,3%. Siswa memberikan tanggapan positif terhadap booklet HOTS sebanyak 94,8%. Simpulan dari penelitian ini adalah pendekatan saintifik berbantuan booklet HOTS pada materi ekosistem efektif terhadap pencapaian hasil belajar dengan nilai standar ketuntasan 72. Pendekatan saintifik berbantuan booklet meningkatkan aktivitas HOTS dan melatih kemampuan kognitif siswa sehingga dapat diterapkan sebagai salah satu variasi pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendekatan saintifik, booklet, higher order thinking skill, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 11 Nov 2015 21:57
Last Modified: 11 Nov 2015 21:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21243

Actions (login required)

View Item View Item