KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AIR BERBANTUAN WORKSHEET TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII PADA MATERI HIMPUNAN


Tiara Anggi Indriaswari , 4101408202 (2015) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AIR BERBANTUAN WORKSHEET TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII PADA MATERI HIMPUNAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101408202-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah harus dibangun sendiri oleh siswa melalui keterlibatan aktif dalam belajar dan interaksi dengan guru atau siswa lain. AIR adalah pendekatan pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai pusat perhatian utama dalam kegiatan pembelajaran melalui proses Auditory, Intellectually, dan Repetition. Siswa diberikan kesempatan secara aktif dan terus menerus membangun sendiri pengetahuannya secara personal maupun sosial, sehingga terjadi perubahan konsep menjadi lebih rinci dan lengkap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pendekatan pembelajaran AIR berbantuan Worksheet terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi Himpunan Kelas VII. Keefektifan tersebut dijabarkan dalam rumusan: (1) siswa yang dikenai pembelajaran dengan pendekatan AIR berbantuan Worksheet mencapai ketuntasan belajar pada aspek pemecahan masalah; dan (2) kemampuan pemecahan masalah siswa yang dikenai pembelajaran pendekatan AIR berbantuan Worksheet lebih tinggi dibanding kemampuan pemecahan masalah siswa yang dikenai pembelajaran model ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII IPA SMP IT Harapan Bunda tahun pelajaran 2014/2015. Dengan teknik cluster random sampling, terpilih sampel kelas VII D sebagai kelas eksperimen yang dikenai pembelajaran dengan pendekatan AIR berbantuan Worksheet dan kelas VII C sebagai kelas kontrol yang dikenai pembelajaran model ekspositori. Data penelitian diperoleh dengan metode dokumentasi dan tes. Analisis data akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji proporsi, dan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa yang dikenai pembelajaran dengan pendekatan AIR berbantuan Worksheet mencapai ketuntasan belajar pada aspek pemecahan masalah (2) kemampuan pemecahan masalah siswa yang dikenai pembelajaran dengan pendekatan AIR berbantuan Worksheet lebih tinggi dibanding kemampuan pemecahan masalah siswa yang dikenai pembelajaran model ekspositori. Simpulan yang diperoleh yaitu pendekatan pembelajaran AIR berbantuan Worksheet efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi Himpunan Kelas VII.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Kemampuan Pemecahan Masalah, Auditory Intellectually Repetition (AIR).
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 21:53
Last Modified: 11 Nov 2015 21:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21242

Actions (login required)

View Item View Item