PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC MELALUI METODE THINK-TALK-WRITE DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII B SMP MARDISISWA 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Diyah Ayu Tri Utami, 2101410073 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC MELALUI METODE THINK-TALK-WRITE DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII B SMP MARDISISWA 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101410073-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (13MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara yang telah dilakukan peneliti dengan guru pamong mata pelajaran bahasa Indonesia diketahui bahwa keterampilan menyusun teks deskripsi peserta didik kelas VII B SMP Mardisiswa 1 Semarang masih sangat rendah dan perlu ditingkatkan. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh peserta didik dalam menyusun teks deskripsi hanya sebesar 67,35 dalam kategori belum memenuhi ketuntasan minimal yang ditentukan sekolah, yaitu sebesar 75. Peserta didik merasa kesulitan menuangkan gagasannya dalam menyusun teks deskripsi. Selain itu, peserta didik juga merasa kurang termotivasi dan tertarik terhadap permbelajaran menyusun teks deskripsi karena pembelajaran kurang bervariasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan suatu inovasi dalam pembelajaran menyusun teks deskripsi dengan pemilihan metode dan media pembelajaran yang efektif dan menarik. Penggunaan pendekatan scientific melalui metode think-talk-write dengan media audio visual diharapkan mampu meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menyusun teks deskripsi. Berdasarkan paparan tersebut, permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran, perubahan sikap religius, perubahan sikap sosial, dan peningkatan keterampilan menyusun teks deskripsi menggunakan pendekatan scientific melalui metode think-talk-write dengan media audio visual. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran, mendeskripsiskan perubahan sikap religius, mendeskripsikan perubahan sikap sosial, dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyusun teks deskripsi menggunakan pendekatan scientific melalui metode think-talk-write dengan media audio visual pada peserta didik kelas VII B SMP Mardisiswa 1 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan subjek penelitian peserta didik kelas VII B SMP Mardisiswa 1 Semarang yang berjumlah 26 peserta didik. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel keterampilan menyusun teks deskripsi dan variabel pendekatan scientific melalui metode think-talk-write dengan media audio visual. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan nontes. Alat pengambilan data berupa pedoman observasi,wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan proses pembelajaran menyusun teks deskripsi menggunakan pendekatan scientific melalui metode think-talk-write dengan media audio visual pada peserta didik kelas VII B SMP Mardisiswa 1 Semarang dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yang baik. Sikap religius berubah ke arah yang lebih positif ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan sebesar 19,23%, yaitu dari 73,08% pada siklus I menjadi 92,31% pada siklus II. Sikap sosial juga mengalami peningkatan yang lebih baik, ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan dari siklus I ke siklus II sebesar 71,79% menjadi 93,59% dan terjadi peningkatan sebesar 21,80%. Keterampilan menyusun teks deskripsi mengalami peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 50%, sedangkan untuk rata-rata nilai klasikal mengalami peningkatan dari 73,19 pada siklus I menjadi 81,77 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa keterampilan menyusun teks deskripsi menggunakan pendekatan scientific melalui metode think-talk-write dengan media audio visual pada peserta didik kelas VII B SMP Mardisiswa 1 Semarang mengalami peningkatan. Untuk itu, saran kepada guru agar menggunakan pendekatan scientific melalui metode think-talk-write dengan media audio visual dalam pembelajaran menyusun teks deskripsi secara tertulis. Bagi peneliti lain, hendaknya melakukan penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan menggunakan metode lain yang lebih bervariasi dan efektif sehingga dapat meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan menyusun teks peserta didik, terutama dalam menyusun teks deskripsi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menyusun teks deskripsi, pendekatan scientific, metode think-talk-write, media audio visual
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 22:53
Last Modified: 11 Nov 2015 22:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21234

Actions (login required)

View Item View Item