PENGARUH LATIHAN DOUBLE LEG HOPS DAN FRONT CONE HOPS TERHADAP KEMAMPUAN GRAB START PADA RENANG (Pada atlet putri kelompok umur V Klub Spectrum tahun 2014)


Riski Hanur Budi Utami , 6301410038 (2015) PENGARUH LATIHAN DOUBLE LEG HOPS DAN FRONT CONE HOPS TERHADAP KEMAMPUAN GRAB START PADA RENANG (Pada atlet putri kelompok umur V Klub Spectrum tahun 2014). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6301410038-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Latihan grab start harus didukung dengan latihan daya ledak otot tungkai. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah ada pengaruh latihan double leg hops terhadap kemampuan grab start?, 2) Apakah ada pengaruh latihan front cone hops terhadap kemampuan grab start?, 3) Apakah ada pengaruh antara latihan double leg hops dan front cone hops terhadap kemampuan grab start?. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain matching by subject. Sampel penelitian adalah atlet putri kelompok umur V Klub Spectrum Semarang 2014 berjumlah 10. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Analisis data menggunakan uji t. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Ada pengaruh latihan doublel leg hops terhadap kemapuan grab start, 2) Ada pengaruh latihan front cone hops terhadap kemampuan grab start, 3) Tidak ada pengaruh latihan double leg hops dan front cone hops terhadap kemampuan grab start. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh nilai thitung = 0,977 dengan signifikan = 0,357 dan diperoleh ttabel = 2,77 maka dapat disimpulkan tidak ada perbedaan skor rata-rata kemampuan grab start antara kelompok eksperimen A dan kelompok eksperimen B setelah diberikan latihan. Saran kepada pelatih Klub Spectrum Semarang untuk meningkatkan kemampuan grab start perlu menggunakan latihan double leg hops dan front cone hops sebagai variasi latihan daya ledak otot tungkai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: :double leg hops, front cone hops, grab start
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: rizqi mulyantara unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 21:00
Last Modified: 11 Nov 2015 21:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21230

Actions (login required)

View Item View Item