PENGARUH MASSAGE FRIRAGE TERHADAP PENINGKATAN RANGE OF MOTION (ROM) GANGGUAN CEDERA LUTUT PADA ATLET BASKET UKM UNNES DAN PPLP JATENG


Aminoto, 6211411038 (2015) PENGARUH MASSAGE FRIRAGE TERHADAP PENINGKATAN RANGE OF MOTION (ROM) GANGGUAN CEDERA LUTUT PADA ATLET BASKET UKM UNNES DAN PPLP JATENG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6211411038-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Cedera olahraga banyak terjadi di kalangan atlet. Cedera ini tentunya akan mengurangi peluang atlet untuk berprestasi. Pada umumnya atlet basket mengalami cedera lutut. Salah satu tanda cedera yaitu penurunan rentang gerak (ROM). ROM mengacu pada pergerakan sendi yang diukur dalam derajat lingkaran di mana tulang sendi dapat digerakan. Massage frirage dirancang untuk penyembuhan cedera ringan berupa cedera otot dan keseleo pada persendian secara umum. Tujuan dari penelitian ini membuktikan pengaruh massage frirage terhadap peningkatan ROM (Range Of Motion) gangguan cedera lutut pada atlet basket UKM UNNES dan PPLP JATENG. Metode penelitiantrue experimen design (The Randomized Pretest - Posttest Control Group Design). Populasi dalam penelitian yaitu atlet basket UKM UNNES dan PPLP JATENG sebanyak 25.Sampel penelitian sebanyak 20 yang ditentukan melalui teknik purposive random samplingdengan rumus Isaac and Michael yang dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok perlakuan diberikan massage 3 kali selama 1 minggu (n=10), kontrol (n=10). Diperiksa ROM sebelum dan sesudah perlakuan. Uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen sehingga teknikpengujian hipotesis menggunakan paired T test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatkan ROM lebih tinggi kelompok perlakuan dibandingkan kelompok kontrol (11,3±2,75;0,06±1,83;p<0,05). Peningkatan ROM pada kelompok perlakuan sebesar 11,30 dan kelompok kontrol sebesar 0,60. Berdasarkan hasil penelitian, massage frirage dapat dijadikan pilihan untuk menangani cedera lutut, terdapat perbedaan peningkatan ROM pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: cedera lutut, massage frirage, range of motion.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 20:55
Last Modified: 11 Nov 2015 20:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21229

Actions (login required)

View Item View Item