PENGARUH LATIHAN SQUAT TERHADAP JAUHNYA LONCATAN GRAB START PADA ATLET PUTRA KU III KLUB SPECTRUM KOTA SEMARANG TAHUN 2014


Septiawan Prasetyo Nugroho , 6301410032 (2015) PENGARUH LATIHAN SQUAT TERHADAP JAUHNYA LONCATAN GRAB START PADA ATLET PUTRA KU III KLUB SPECTRUM KOTA SEMARANG TAHUN 2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6301410032-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Jauhnya lompatan grab start harus didukung dengan latihan daya ledak tungkai yang baik. Permasalahan penelitian adalah : 1) Apakah ada pengaruh latihan quarter squat terhadap jauhnya lompatan grab start? 2) Apakah ada pengaruh latihan half squat terhadap jauhnya lompatan grab start? 3) Apakah ada perbedaan pengaruh latihan quarter squat dan half squat terhadap jauhnya lompatan grab start? Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Treatment by Subject. Sampel penelitian adalah atlet putra KU III atau berusia 11-13 tahun klub Spectrum Kota Semarang tahun 2014 berjumlah 8 sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Analisis data menggunakan uji t. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh latihan quarter squat terhadap jauhnya lompatan grab start. 2) Ada pengaruh latihan half squat terhadap jauhnya lompatan grab start. 3) Ada perbedaan pengaruh antara latihan quarter squat dan half squat terhadap jauhnya lompatan grab start. Saran: 1) Diharapkan penelitian ini bisa memberi manfaat kepada pelatih renang untuk menerapkan latihan half squat menjadi salah satu variasi latihan weight training guna meningkatan jauhnya lompatan grab start. 2) Bagi peneliti yang melakukan penelitian sejenis diharapkan melakukan penelitian menggunakan sampel dengan atlet renang di atas kategori usia III. 3) Diharapkan penelitian ini bisa bermanfaat untuk peningkatan ilmu kepelatihan olahraga terutama pada cabang renang sehingga bisa meningkatkan prestasi olahraga cabang renang Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: quarter squat, half squat, grab start.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: rizqi mulyantara unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 20:51
Last Modified: 11 Nov 2015 20:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21222

Actions (login required)

View Item View Item