TINGKAT KEBERHASILAN MASASE FRIRAGE TERHADAP PENANGANAN RANGE OF MOVEMENT (ROM) CEDERA ANKLE PADA ATLET PERSATUAN SEPAK BOLA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Triah Retnoningsih, 6211411063 (2015) TINGKAT KEBERHASILAN MASASE FRIRAGE TERHADAP PENANGANAN RANGE OF MOVEMENT (ROM) CEDERA ANKLE PADA ATLET PERSATUAN SEPAK BOLA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6211411063-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian: (1) Mengetahui tingkat keberhasilan masase frirage terhadap penanganan Range Of Movement (ROM) cedera ankle pada atlet PS. Unnes. (2) Mengetahui penatalaksanaan masase frirage untuk atlet yang mengalami cedera ankle pada atlet PS. Unnes. Metode penelitian ini yaitu pre-experimental design pretest-posttest one group dengan teknik survei dan tes. Populasi penelitian ini seluruh atlet PS. Unnes berjumlah 32 orang, kuliah di Fakultas Ilmu Keolahragaan, teknik pengambilan sampel purposive sampling memperoleh sampel 11 orang. Alat dalam penelitian kuesioner dan goniometer. Penelitian dilakukan pada bulan Desember tahun 2014, di Laboratorium IKOR, F4, Lt.3 FIK, Unnes. Variabel penelitian: (1) variabel bebas: Masase frirage dengan menggunakan frekuensi 3kali dalam seminggu, intensitas disesuaikan dengan tebal/besarnya otot dan nyeri otot, waktu 1kali terapi 15 menit, tipe masase frirage (2) variabel terikat: penanganan ROM cedera ankle. Metode pengolahan data menggunakan statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan uji prasyarat analisis yang meliputi: uji normalitas data dengan kolmogorov-smirnov, uji homogenitas dengan chi square. Teknik analisis data penelitian menggunakan paired t-test dengan bantuan komputer program SPSS versi 15. Hasil Penelitian menunjukkan masase frirage dapat meningkatkan hasil derajat nilai rata-rata ROM ankle fleksi 7,4˚, ekstensi 1,7˚, inversi 4,5˚, eversi 5,8˚, nilai fleksi p = 0,001, inversi p = 0,001 dan eversi p = 0,000, Penanganan ROM dengan terapi masase frirage dilakukan dengan posisi duduk/berbaring, selanjutnya manipulasi friction dan effluerage pada otot-otot pengikat persendian yang mengalami cedera dan yang terakhir adalah traksi dan reposisi. Simpulan hasil penelitian yaitu masase frirage dapat meningkatkan derajat nilai ROM ankle gerak fleksi 7,4˚, ekstensi 1,7˚, inversi 4,5˚ dan eversi 5,8 pada atlet PS. Unnes dan masase frirage berhasil menangani ROM cedera ankle pada atlet PS. Unnes. Tingkat Keberhasilan masase frirage dalam satu kali terapi ada 4 orang sampel sembuh dan dalam dua kali terapi ada 7 orang sampel sembuh. Saran yang dapat diberikan adalah selalu meminimalisir cedera, karena cedera bisa terjadi kapan saja, dimana saja, oleh siapa saja dan sebaiknya setiap anggota PS. Unnes bisa mengetahui dan mempraktekan masase ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cedera Ankle, Masase Frirage, Range Of Movement (ROM)
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 20:38
Last Modified: 11 Nov 2015 20:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21221

Actions (login required)

View Item View Item