PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI DENGAN MODEL AMATI, TIRU, DAN MODIFIKASI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBACAAN PUISI PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 SAMBONG KABUPATEN BLORA

Sriwahyuni Tuminggar, 2101409017 (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI DENGAN MODEL AMATI, TIRU, DAN MODIFIKASI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBACAAN PUISI PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 SAMBONG KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1443Kb)

    Abstract

    Dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, membaca puisi merupakan salah satu keterampilan yang tidak mudah untuk dikuasai siswa. Model pembelajaran yang monoton dan kurang memaksimalkan media pembelajaran yang ada di sekolah menjadi latar belakang kurangnya keterampilan siswa dalam membaca puisi. Oleh karena itu, perlu adanya upaya peningkatan keterampilan membaca puisi dengan model pembelajaran yang variatif dan memaksimalkan media pembelajaran yang ada di sekolah. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana peningkatan keterampilan membaca puisi pada siswa kelas VII SMP N 1 Sambong Kabupaten Blora setelah belajar dengan modelAmati, Tiru, dan Modifikasi menggunakan media video pembacaan puisi, dan (2) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VII SMP N 1 Sambong Kabupaten Blora terhadap pembelajaran puisi setelah belajar dengan modelAmati, Tiru, dan Modifikasi menggunakan media video pembacaan puisi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca puisi siswa kelas VII SMP N 1 Sambong Kabupaten Blora setelah belajar membaca puisi dengan model Amati, Tiru, dan Modifikasi menggunakan media video pembacaan puisi, dan (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VII SMP N 1 Sambong Kabupaten Blora terhadap pembelajaran membaca puisi setelah belajar membaca puisi dengan modelAmati, Tiru, dan Modifikasi menggunakan media video pembacaan puisi. Penelitian ini dirancang dengan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap, yaitu 1) perencanaan pelaksanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan membaca puisi siswa kelas VII A SMP N 1 Sambong Kabupaten Blora. Instrumen penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan jurnal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa ,yaitu adanya peningkatan nilai rerata kelas pada siklus I 63,92 menjadi 77,89 pada siklus II dan presentase ketuntasan nilai pada siklus I 35,13% menjadi 67,57%, serta terjadi perubahan tingkah laku siswa, yaitu siswa yang kurang aktif, antusias, dan percaya diri menjadi aktif, antusias, rasa percaya diri siswa dalam mengikuti pembelajaran membaca puisi. Saran yang disampaikan dalam penelitian ini, guru berani menggunakan model pembelajaran yang variatif, yaitu model Amati, Tiru, dan Modifikasi serta memaksimalkan pemanfaatan media pembelajaran yang ada di sekolah, yaitu media video pembacaan puisi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: membaca puisi, model pembelajaran Amati, Tiru, dan Modifikasi, media video pembacaan puisi
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
    Depositing User: nur fatihah unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 15:30
    Last Modified: 11 Nov 2015 15:30

    Actions (login required)

    View Item