PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VA SDN WONOSARI 02 SEMARANG


ETIK WINDARTI, 1401411004 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VA SDN WONOSARI 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411004-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui model Team Assisted Individually berbantuan media audiovisual di kelas VA SDN Wonosari 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus tiap siklus satu pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SDN Wonosari 02 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) jumlah skor keterampilan guru di siklus I adalah 26 (kategori baik), siklus II sebesar 31 (kategori baik), dan siklus III sebesar 38 (kategori sangat baik), (2) jumlah skor aktivitas siswa di siklus I adalah 21,9 (kategori cukup), siklus II sebesar 29,2 (kategori baik), dan siklus III sebesar 34,9 (kategori sangat baik), (3) ketuntasan klasikal hasil belajar siswa di siklus I sebesar 56,41% (kategori baik), siklus II sebesar 71,79% (kategori baik), dan siklus III sebesar 84,62% (kategori sangat baik). Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Team Assisted Individually berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas VA SDN Wonosari 02 Semarang yang ditandai dengan meningkatnya keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: audiovisual; IPA; kualitas; pembelajaran; Team Assisted Individually
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 00:24
Last Modified: 12 Nov 2015 00:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21216

Actions (login required)

View Item View Item