EMERIKSAAN EMISI GAS BUANG dan CEK KOMPRESI PADA ENGINE TOYOTA KIJANG INNOVA di 127000km


Yosef AdiPrasetyo, 5211312017 (2015) EMERIKSAAN EMISI GAS BUANG dan CEK KOMPRESI PADA ENGINE TOYOTA KIJANG INNOVA di 127000km. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5211312017-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (713kB) | Preview

Abstract

Setiap industri otomotif berlomba-lomba membuat inovasi-inovasi bagaimana sebuah kendaraan dengan bahan bakar tertentu memiliki gas buang yang ramah lingkungan dengan tekanan standar. Emisi gas buang merupakan polutan yang mengotori udara yang dihasilkan oleh gas buang kendaraan. Gas buang kendaraan yang dimaksud adalah gas sisa proses pembakaran yang dibuang ke udara bebas melalui saluran buang kendaraan. Oleh karena itu diharapkan proses pembakaran yang terjadi didalam mesin harus sempurna supaya emisi gas buang yang dihasilkan baik. Semakin kecil kadar emisi gas buang, maka semakin baik bagi lingkungan. Sedangkan semakin besar kadar emisi gas buang, maka semakin tidak aman bagi lingkungan. Emisi gas buang dapat dipengaruhi oleh jenis penggunaan bahan bakar pada kendaraan. Gas yang ditimbulkan dari emisi gas buang antara lain CO, CO2, HC, dan O2. Adapula pengukuran lambda pada emisi gas buang. Lambda mengindikasikan seberapa besar penyimpangan jumlah udara dalam campuran udara dan bahan bakar yang sesungguhnya terhadap jumlah kebutuhan udara teoritis. Kerap kali emisi gas buang yang dihasilkan sangat berbahaya dan dapat menimbulkan penyakit. Untuk menjaga emisi gas buang tetap baik perlu dilakukan perawatan mesin secara berkala. Pengujian emisi gas buang dengan bahan bakar premium pada kecepatan idle didapatkan hasil CO 0.638%, CO2 12.85%, HC 162%, O2 0.59 dan λ (Lambda) 1.001%, pada kecepatan 1000rpm didapatkan hasil CO 1.159%, CO2 12.50%, HC 114%, O2 0.70%, λ (Lambda) 0.992%, dan pada kecepatan 1500 rpm didapatkan hasil CO 0.779%, CO2 12.78%, HC 89%, O2 0.56%, dan λ (Lambda) 0.998%. salah satu faktor yang mempengaruhi hasil pengujian emisi gas buang yaitu komposisi udara dan bahan bakar pada mesin dalam proses pembakaran. Selain emisi gas buang perlu dilakukan pula cek kompresi pada kendaraan. Tekanan kompresi adalah tekanan efektif rata-rata yang terjadi di ruang bakar tepat di atas piston. Tekanan kompresi ini juga dibagi dengan 2 definisi, tekanan kompresi motorik dan tekanan kompresi pembakaran. Hasil pengujian cek kompresi pada kendaraan Toyota Kijang Innova diperoleh bahwa pada silinder 1 mendapatkan hasil 12 kgf/cm2, silinder 2 hasil 11,5 kgf/cm2, silinder 3 hasil 1,5 kgf/cm2, dan silinder 4 hasil 12 kgf/cm2. Dari hasil tersebut kompresi pada mesin toyota kijang innova masih memenuhi spesifikasi. Dengan hasil yang didapat maka dalam silinder 1-4 tidak terjadi kebocoran kompresi. Keadaan ring pada silinder masih bagus. Untuk menjaga kompresi kendaraan tetap baik perlu penggantian oli mesin secara berkala.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: emisi gas buang, cek kompresi, bahan bakar premium
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin, D3
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 19:22
Last Modified: 11 Nov 2015 19:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21213

Actions (login required)

View Item View Item