PENGARUH FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DABIN IV KECAMATAN PITURUH KABUPATEN PURWOREJO


Kartika Wahyuningrum, 1401410492 (2015) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DABIN IV KECAMATAN PITURUH KABUPATEN PURWOREJO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401410492-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar merupakan hal penting yang harus dimiliki siswa demi keberhasilan belajarnya. Motivasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain yaitu fasilitas belajar di sekolah. Perbedaan fasilitas belajar di sekolah yang ada di setiap sekolah kemudian memunculkan motivasi belajar siswa yang berbeda-beda pula, seperti halnya motivasi belajar siswa kelas V SD Dabin IV Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh fasilitas belajar di sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Dabin IV Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo. Metode dalam penelitian ini adalah ex postfacto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Dabin IV yang berjumlah 142 siswa, tetapi karena keterbatasan dana, waktu, dan tenaga, maka dalam penelitian ini digunakan sampel sebanyak 107 siswa yang ditentukan menggunakan rumus Proporsional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar siswa. Analisis data penelitian menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai signifikansi sebesar 0,030. Oleh karena 0,030 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar di sekolah terhadap motivasi belajar siswa, (2) hasil R sebesar 0,210 yang artinya terjadi hubungan yang rendah antara fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar siswa, (3) koefisien determinasi (R2) 0,044 menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen sebesar 4,4%. Hal ini menunjukkan bahwa 4,4% motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh fasilitas belajar di sekolah, sedangkan 95,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Belajar; Fasilitas; Motivasi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 19:14
Last Modified: 11 Nov 2015 19:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21211

Actions (login required)

View Item View Item