PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DAN MINAT KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2014/2015
Nurul Hidayatun, 7101411203 (2015) PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DAN MINAT KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
SMK merupakan pendidikan menengah kejuruan yang bertujuan mempersiapkan siswa menjadi tenaga kerja yang profesional untuk bekerja dalam bidang tertentu. Lulusan Administrasi Perkantoran SMK N 1 Purbalingga yang bekerja masih tergolong rendah yaitu sebesar 58% pada tahun 2011, tahun 2012 sebesar 56%, dan tahun 2013 sebesar 51%. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kesiapan kerja siswa masih rendah yaitu sebesar 66,88%. Melalui kegiatan praktik kerja industri diharapkan kesiapan kerja siswa dapat semakin meningkat. Selain itu minat kerja juga sangat diperlukan dalam peningkatan kesiapan kerja siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pengalaman prakerin dan minat kerja siswa terhadap kesiapan kerja siswa Kelas XII Administrasi Perkantoran.Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto. Variabel dalam penelitian ini adalah Pengalaman Praktik Kerja Industri (Prakerin) (X1) dan Minat Kerja (X2) sebagai variabel bebas serta Kesiapan Kerja (Y) sebagai variabel terikatnya. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran, mereka berjumlah 96 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS for Windows Release 16, asumsi klasik, dan analisis deskriptif persentase.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y = -4,344+0,487X1+0,782X2. Uji F yang diperoleh Fhitung = 24,361, sehingga Ha1diterima. Secara parsial (uji t) pengalaman prakerin (X1) diperoleh thitung= 4,147 dengan signifikansi 0,00 < 0,05, sehingga Ha2diterima. Minat kerja (X2) diperoleh thitung= 5,230 dengan signifikansi 0,00 < 0,05, sehingga Ha3diterima. Secara simultan (R2) pengalaman prakerin dan minat kerja berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa yaitu sebesar 33%.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan pengalaman prakerin dan minat kerja terhadap kesiapan kerja siswa. Saran dari penelitian ini adalah; 1) gurupembimbing mendorong siswa aktif saat melakukan prakerin sehingga kegiatan prakerin lebih optimal, 2) siswa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang administrasi perkantoran dan kemampuan dalam berbahasa inggris.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengalaman Praktik Kerja Industri, Minat Kerja, Kesiapan Kerja Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | ahmad sanusi unnes |
Date Deposited: | 11 Nov 2015 19:05 |
Last Modified: | 11 Nov 2015 19:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21209 |
Actions (login required)
View Item |