PENERAPAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP KELAS IVA SDN TAWANG MAS 01 SEMARANG


NURAINI SOFIATIN , 1401410371 (2015) PENERAPAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP KELAS IVA SDN TAWANG MAS 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401410371-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi, pembelajaran di kelas IVA SDN Tawang Mas 01 Semarang belum optimal. Hal tersebut dikarenakan guru belum menggunakan model dan media dan guru masih belum menyesuaikan dengan kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas, dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan 39 siswa kelas IVA SDN Tawang Mas 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru siklus I memperoleh skor 30 (baik), pada siklus II dengan skor 37 (sangat baik), aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 2,97 (baik), siklus II memperoleh skor 3,40 (sangat baik), dan hasil belajar siswa kognitif siklus I memperoleh persentase 73,51% (baik) dan siklus II 85,82% (sangat baik), afektif siklus I mendapat skor 2,23 (baik), 2,08 (baik), dan 2,33 (baik), siklus II mendapat skor 2,46 (baik), 2,51 (sangat baik), keterampilan siswa siklus I mendapat skor 2,69 (baik) dan 3,20 (baik), siklus II skor 3,49 (baik). Simpulan penelitian adalah penerapan model STAD berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Peduli Terhadap Makhluk Hidup siswa kelas IVA SDN Tawang Mas 01 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audiovisual; Kualitas; Pembelajaran; STAD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 19:04
Last Modified: 11 Nov 2015 19:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21208

Actions (login required)

View Item View Item