PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IVA SDN BENDAN NGISOR KOTA SEMARANG


EKO SULISTIYANTO, 1401410355 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IVA SDN BENDAN NGISOR KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401410355-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukkan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945,namun pada kenyataannya kualitas pendidikan Indonesia masih rendah.Kualitas pendidikan Indonesia berada diperingkat ke 64 dari 120 negara diseluruh dunia berdasarkan laporan tahunan UNESCO tahun 2012. Berdasarkan pengamatan peneliti, terdapat permasalahan pada pembelajaran PKn kelas IVA SDN Bendan Ngisor Kota Semarang ditemukan masalah,yaitu keterampilan guru dalam pembelajaran belum optimal, aktivitas siswa belum optimal, dan hasil belajar ketuntasannya hanya 35,29%. Rumusan masalah dalam penelitian ini,yaitu bagaimanakah implementasi pembelajaran PKn melalui model Think Pair Share dengan media Audiovisual pada siswa kelas IVA SDN Bendan Ngisor Kota Semarang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan.Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVA SDN Bendan Ngisor Semarang.Variabel penelitian yaitu keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.Teknik pengambilan data meliputi teknik tes dan non tes, teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian keterampilan guru siklus I mendapat skor 25 dengan kategori baik, siklus II mendapat skor 30 kategori baik, siklus III mendapat skor 37 kategori sangat baik. Rata-rata skor aktivitas siswa siklus I mendapat skor 24,64 kategori baik, siklus II menjadi 29,61 kategori baik, dan siklus III mendapat skor 33,07dengan kategori sangatbaik. Hasil belajar klasikal siswa siklus I 64,70%, meningkat pada siklus II menjadi 73,52% dan pada siklus III 85,29% serta sudah melebihi batas minimal ketuntasan klasikal yang ditetapkan yaitu 80-90%. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah model Think Pair Share berbantuan media Audiovisual dapa tmeningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas IVA Bendan Ngisor. Hendaknya model Think Pair Share dengan media Audiovisual dapat diterapkan dalam setiap pembelajaran.Saran dari penelitian ini adalah hendaknya sekolah mendukung guru dan siswa untuk menggunakan model Think Pair Share dengan media Audiovisual pada pembelajaran PKn kelas IV agar kualitas pembelajaran dapat efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran, PKn, Think Pair Share, Audiovisual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 18:58
Last Modified: 11 Nov 2015 18:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21205

Actions (login required)

View Item View Item