PENGARUH SARANA PRASARANA PENDIDIKANTERHADAP MINAT MEMBACA LITERATUR EKONOMI DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 JAKENAN PATI(Studi Pada Tahun Ajaran 2014/2015)

Alif Futikha Ulfa, 7101411193 (2015) PENGARUH SARANA PRASARANA PENDIDIKANTERHADAP MINAT MEMBACA LITERATUR EKONOMI DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 JAKENAN PATI(Studi Pada Tahun Ajaran 2014/2015). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2040Kb)

    Abstract

    Sarana Prasarana Sekolah, merupakan suatu faktor yang mempengaruhi minat membaca dan prestasi belajar siswa. Sarana Prasarana Pendidikanmerupakan komponen yangutama dalam dunia pendidikan. Sarana Prasarana Pendidikanyang lengkap akan berpengaruhterhadap minat membaca dan prestasi belajar siswa. Dari observasi awal didapatkan bahwa sekolah SMA N 1 Jakenan merupakan salah satu sekolah favorit yang yang ada dikota Pati. Namun dengan tersedianya sarana yang lengkap,minatuntuk membaca dan prestasi belajar siswakelas IX IPS SMA N1 Jakenan masih rendah. Minat membaca yang masih rendah,dapat dilihat dari kunjungan siswa ke perpustakaan masih sedikit. Sedangkan prestasi siswa yang rendah dapat dilihat dari nilai UTS siswa yang belum mencapai 75% ketuntasan nilai maksimal. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah:(1) Adakah pengaruh Sarana Prasarana Pendidikanterhadap minat membacaliteraturekonomi kelas IXIPSSMA N 1 Jakenan tahun ajaran 2014/2015? (2) Adakah pengaruh Sarana Prasarana Pendidikanterhadap Prestasi BelajarMata Pelajaran Ekonomi siswa kelas IX IPSSMA N 1 Jakenantahun ajaran 2014/2015?Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jakenan Pati yang berjumlah 140 siswa.Peneliti mengambil sampel sebanyak 100 siswa, denganmetode random sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaituSarana Prasarana Sekolah sedangkan variabel terikatnyaMinat Membaca dan Prestasi Belajar. Metode pengumpulan data dilakukan dengan Koesioner/Angket. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan alat bantu SPSS.Hasil penelitian menunjukkan secara parsial variabel Sarana Prasarana (X) memiliki korelasipada katagori tinggi terhadapMinat Membaca (Y1) dengan persamaanY1=42,062+0,288Xdan ada pengaruh positif signifikan.BesarnyaR2variabel SaranaPrasarana berpengaruhterhadap Minat Membaca sebesar 21% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.Sedangkan untukvariabel Sarana Prasarana (X) memiliki korelasi pada katagori tinggi terhadap Prestasi Belajar (Y2) dengan persamaanY2=87,749-0,154X dan ada pengaruh negatif signifikan. BesarnyaR2variabel SaranaPrasarana berpengaruhterhadap Prestasi Belajar sebesar 5%dansisanya dipengaruhioleh faktor laindiluar penelitian ini.Berdasarkan hasil penelitianyang telah dilakukan, maka saran yang dapat diberikan adalah SMA N 1 Jakenan Pati adalah hendaknya siswa lebih dapat memanfaatkan sarana prasarana yang adasecara maksimaldan siswa dihimbau untukmeningkatkanminatmembacaserta meningkatkan prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Facilities, Reading Interest, Learning Achievement
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: ahmad sanusi unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 13:56
    Last Modified: 11 Nov 2015 13:56

    Actions (login required)

    View Item