PENGARUH PENGETAHUAN PERKOPERASIAN, MOTIVASI BERKOPERASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI SERBA USAHA (KSU) PADURENAN JAYA GEBOG KABUPATEN KUDUS


Handayani Noor Safari, 7101411191 (2015) PENGARUH PENGETAHUAN PERKOPERASIAN, MOTIVASI BERKOPERASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI SERBA USAHA (KSU) PADURENAN JAYA GEBOG KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411191-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan koperasi dapat dilihat dari partisipasi anggota menjadi anggota aktif dan dapat memanfaatkan unitusaha koperasi tersebut dengan baik. Hasil observasi awal di KSU Padurenan Jaya memiliki indikasi partisipasi anggota yang belum optimal, hal tersebut ditunjukkan dengan tidak adanya peningkatan persentase anggota yang hadir dalam RAT selama empat tahun terakhir. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana deskripsi pengetahuan perkoperasian, motivasi berkoperasi, kualitas pelayanan dan partisipasi anggota, (2) Adakah pengaruh pengetahuan perkoperasian, motivasi berkoperasi dan kualitas pelayanan terhadap partisipasi anggota, (3) Seberapa besar pengaruh pengetahuan perkoperasian, motivasi berkoperasi dan kualitas pelayanan terhadap partisipasi anggota.Populai dalam penelitian ini adalah seluruh anggota KSU Padurenan Jaya yang berjumlah 114. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan area proportional ramdom sampling dan diperoleh sampel sebanyak 53 responden. Dalam penelitian ini terdiri dari tiga variabel bebas yakni variabel pengetahuan perkoperasian, (X1), motivasi berkoperasi (X2) dan kualitas pelayanan (X3) serta variabel terikat yaitu partisipasi anggota (Y). metode pengumpulan data dengan menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS 16.00 for windows.Berdasarkan hasil regresi berganda diperoleh persamaan Y = -1,761 + 0,453 X1 + 0,295 X2 + 0,157 X3. Secara parsial menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pengetahuan perkoperasian sebesar 25,4%, motivasi berkoperasi sebesar 23,8% dan kualitas pelayanan sebesar 11,9%. Adapun pengaruhnya adalah positif dan signifikan. Secara simultan pengetahuan perkoperasian, motivasi berkoperasi dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap partisipasi anggota sebesar 65,3% pada KSU Padurenan Jaya.Saran yang dapat disampaikan yaitu koperasi perlu meningkatkan pengetahuan anggota tentang koperasi dengan menyelenggarakan pelatihan tentang perkoperasian, koperasi perlu membuat suatu inisiatif yang baru dalam usaha penjualannya, misalnya dengan memberikan kupon berhadiah pada anggota yang membeli barang di koperasi untuk meningkatkan motivasi anggota.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Anggota, Pengetahuan Perkoperasian, Motivasi Berkoperasi dan Kualitas Pelayanan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 18:52
Last Modified: 11 Nov 2015 18:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21203

Actions (login required)

View Item View Item