PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA BERBAGAI PEKERJAAN MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION DI KELAS IV SD ISLAM SITI SULAECHAH SEMARANG


TRI LESTARI, 1401410325 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA BERBAGAI PEKERJAAN MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION DI KELAS IV SD ISLAM SITI SULAECHAH SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401410325-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pembelajaran dapat dilihat dari tingkat pemahaman penguasaan materi serta hasil belajar siswa. Namun kenyataannya hasil belajar yang dicapai siswa masih rendah, guru kurang memfasilitasi siswa untuk mencari informasi dan gagasan sendiri, guru kurang memotivasi siswa agar belajar bekerja sama, siswa masih bergantung dengan guru ketika pembelajaran, siswa cenderung pasif menerima materi dari guru, siswa kurang diberi kesempatan untuk bertanya mengenai apa yang sudah dilihat, disimak atau dibaca, mata pelajaran disampaikan secara terpisah-pisah serta pembelajaran cenderung hanya untuk meningkatkan pengetahuan siswa saja. Berdasarkan masalah tersebut, peneliti menggunakan model Group Investigation untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tema Berbagai Pekerjaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Islam Siti Sulaechah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perilaku guru pada siklus I rata-rata skor yang diperoleh mencapai 22 dengan kategori baik, meningkat pada siklus II menjadi 30 dengan kategori sangat baik. (2) Perilaku belajar siswa pada siklus I skor rata-rata yang diperoleh mencapai 18,8 dengan kategori tidak baik, meningkat pada siklus II menjadi 24,95 dengan kategori baik. (3) Media pembelajaran pada siklus I skor rata-rata yang diperoleh mencapai 10,5 dengan kategori baik, meningkat pada siklus II menjadi 14,5 dengan kategori sangat baik. (4) Materi pembelajaran pada siklus I skor rata-rata yang diperoleh mencapai 12,5 dengan kategori baik, meningkat pada siklus II menjadi 15,5 dengan kategori baik. (5) Iklim pembelajaran pada siklus I skor rata-rata yang diperoleh mencapai 6,5 dengan kategori baik, meningkat pada siklus II menjadi 8,5 dengan kategori baik. (6) Kompetensi pengetahuan siswa pada siklus I mencapai ketuntasan klasikal 67%, kompetensi keterampilan mencapai skor optimum 3 dengan kategori B, kompetensi sikap mencapai skor modus 2 dengan kategori cukup. Pada siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 77,5%, kompetensi keterampilan mencapai skor optimum 4 dengan kategori A, kompetensi sikap mencapai skor modus 3 dengan kategori baik. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model Group Investigation berbantuan media CD interaktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas IV SD Islam Siti Sulaechah. Saran bagi guru adalah hendaknya dalam mengajar menggunakan pendekatan dan media yang bervariasi dan sesuai materi antara lain dengan menerapkan model Group Investigation berbantuan media CD interaktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CD interaktif, model Group Investigation
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 18:52
Last Modified: 11 Nov 2015 18:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21202

Actions (login required)

View Item View Item