PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BATANG TAHUN AJARAN 2014/2015

Aldina Nur Karomah, 7101411190 (2015) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BATANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2225Kb)

    Abstract

    Pembelajaran menjadi berkualitas jika siswa dapat terlibat secara fisik maupun mental dalam proses membangun dan memperoleh konsep. Partisipasi aktif siswa sangat dibutuhkan untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna. Hasil obeservasi awal di SMK Negeri 1 Batang diperoleh siswa X Akuntansi 58,75% berpartisipasi rendah artinya sebagian besar siswa belum terlibat aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru, lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap partisipasi belajar secara simultan atau parsial.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Batang dengan sampel sebanyak 80 siswa, pengambilan sampel dengan teknik sampel jenuh.Penelitian ini merupakan jenis penelitin kuantitatif. Pengumpulan data dengan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisisstatistik inferensial dengan regresi berganda. Secara simultan hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif keterampilan mengajar guru, lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap partisipasi belajar sebesar 51,9%. Secara parsial menunjukkan ada pengaruh positif keterampilan mengajar guruterhadap partisipasi belajar sebesar 7,12%, ada pengaruh positif lingkungan sekolah terhadap partisipasi belajar sebesar 8,17%, dan ada pengaruh positif motivasi belajar terhadap partisipasi belajar sebesar 13,84%.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterampilan mengajar guru, lingkungan sekolah dan motivasi belajar berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap partisipasi belajar siswa. Siswa hendaknya aktif bertanya saat pembelajaran dan mempelajari materi sebelum pelajaran dimulai. Guru hendaknya menggunakan metode mengajar yang berganti-ganti. Sekolah perlu meningkatkan pengaturan kondisi kelas. Peneliti lain hendaknya mengkaji variabel lain yang berpengaruh terhadap partisipasi belajarsiswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Partisipasi Belajar Siswa, Keterampilan Mengajar Guru, . .Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: ahmad sanusi unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 13:48
    Last Modified: 11 Nov 2015 13:48

    Actions (login required)

    View Item