Pengaruh Motivasi dan Partisipasi Siswa dalam pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sulang Rembang


Satriyo Eko Laksono, 3301404518 (2009) Pengaruh Motivasi dan Partisipasi Siswa dalam pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sulang Rembang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Motivasi dan Partisipasi Siswa dalam pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sulang Rembang]
Preview
PDF (Pengaruh Motivasi dan Partisipasi Siswa dalam pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sulang Rembang) - Published Version
Download (417kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan siswa dalam belajar dapat dilihat dari prestasi belajar siswa yang bersangkutan. Prestasi belajar yang diperoleh siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah motivasi, dan partisipasi. Untuk dapat mengetahui pengaruh motivasi dan partisipasi dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sulang Rembang Semester Gasal Tahun Ajaran 2008/2009 maka diperlukan penelitian lebih lanjut. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh motivasi berprestasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sulang Rembang?, (2) Seberapa besar pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sulang Rembang?, (3) Seberapa besar pengaruh partisipasi siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sulang Rembang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh motivasi berprestasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sulang Rembang. (2) Seberapa besar pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sulang Rembang. (3) Seberapa besar pengaruh partisipasi siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sulang Rembang. Populasi dalam penelitian berjumlah 135 siswa. Variabel yang diteliti yaitu motivasi berprestasi, partisipasi siswa dalam pembelajaran dan prestasi belajar akuntansi. Metode pengumpulan data yang digunakan angket dan dokumentasi. Instrumen yang disusun kemudian diuji validitas menggunakan product moment dan reliabilitas menggunakan rumus alpha. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis regresi berganda. Berdasarkan analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa motivasi berprestasi dalam kategori rendah (45,19%), Partisipasi siswa dalam pembelajaran rendah (49,62), dan prestasi belajar dalam kategori cukup (65,19%), Ada pengaruh signifikan antara motivasi berprestasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar baik secara simultan maupun secara parsial. Hal ini ditunjukkan dengan F hitung 43,955 dengan P value 0,000 < 0,05 dengan pengaruhnya 40,00%. Uji t untuk motivasi berprestasi sebesar 6,667 dengan P value 0,000 < 0,05 besar pengaruhnya 25,10%. Uji t untuk partisipasi siswa dalam pembelajaran sebesar 7,949 dengan P value 0,000 < 0,05 besar pengaruhnya 32,20%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil simpulan ada pengaruh signifikan antara motivasi berprestasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sulang Rembang baik secara simultan maupun parsial. peneliti menyarankan kepada siswa untuk dapat tekun dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah serta dapat membangun motivasi diri untuk berprestasi. Hendaknya guru dapat membantu meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran, dengan cara memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang sulit dipahami, sehingga siswa mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam. Kepada pihak sekolah untuk lebih menyediakan referensi buku-buku akuntansi yang bervariasi agar dapat menambah wawasan siswa mengenai akuntansi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Partisipasi, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Mar 2011 08:05
Last Modified: 25 Apr 2015 03:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/212

Actions (login required)

View Item View Item