PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI DENGAN MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 6 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015)


Dhela Septian Anggaretta, 7101411180 (2015) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI DENGAN MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 6 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411180-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SMA Negeri 6 Semarang, diketahui bahwa belum semua siswa kelas XI IPS memperoleh prestasi belajar yang optimal. pencapaian prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya kemandirian belajar, kondisisosial ekonomi keluarga dan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Sehingga permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kemandirian belajar, kondisi sosial ekonomi keluarga, dan minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi terhadap prestasi belajar ekonomi. Apakah ada pengaruh kemandirian belajar dan kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Selanjutnya, apakah ada pengaruh kemandirian belajar dan kondisi sosial ekonomi keluarga melalui minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebagai variabel intervening terhadap prestasi belajar ekonomi.Populasi penelitian adalah 91 orang. Dengan jumlah sampel yaitu seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Semarang tahun ajaran 2014/2015.Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik inferensial.Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh positif kemandirian belajar, kondisi sosial ekoomi keluarga, dan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi terhadap prestasi belajar ekonomi. (2) ada pengaruh positif kemandirian belajar, dan kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi, (3) ada pengaruh positif kemandirian belajar, serta kondisi sosial ekonomi keluarga melalui minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebagai variabel intervening terhadap prestasi belajar ekonomi.Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar dan kondisi sosial ekonomi keluarga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar baik secara langsung maupun melalui minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Saran yang dapat diberikan sebaiknya siswa terus meningkatkan kemandirian belajar dan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi agar dapat mencapai prestasi belajar ekonomi yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga, Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi, dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 18:36
Last Modified: 11 Nov 2015 18:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21197

Actions (login required)

View Item View Item