KEEFEKTIFAN MODEL JIGSAW TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V SDN RANJINGAN BANYUMAS


Diah Noviana Fatmawati , 1401410238 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL JIGSAW TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V SDN RANJINGAN BANYUMAS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401410238-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu materi pembelajaran matematika, yaitu sifat-sifat bangun datar yang masih sulit dipahami oleh siswa. Kesulitan itu terlihat dari pembelajaran yang dilakukan guru kurang kreatif dan kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan rendahnya minat dan hasil belajar. Berdasarkan hal tersebut, peneliti ingin mengubah kegiatan pembelajaran agar lebih menyenangkan yaitu dengan memanfaatkan model Jigsaw agar minat dan hasil belajar siswa meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan dengan desain quasi experimental design berbentuk non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 48 siswa, terdiri dari 24 siswa kelas VA dan 24 siswa kelas V B. Dalam penelitian ini, sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh, oleh karena itu seluruh siswa kelas V akan dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Analisis data yang digunakan bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat dan hasil belajar siswa yang menggunakan model Jigsaw dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan mengetahui keefektifan model Jigsaw terhadap minat dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai observasi penerapan model Jigsaw sebesar 96,43 dengan kriteria sangat tinggi. Perolehan nilai rata-rata minat siswa kelas eksperimen mencapai 73,75% dan kelas kontrol mencapai 64,71%. Nilai rata- rata hasil belajar siswa kelas eksperimen mencapai 80,58 dan kelas kontrol mencapai 71,43. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model Jigsaw efektif terhadap minat dan hasil belajar matematika kelas V materi Bangun Datar. Untuk menindaklanjuti penelitian ini, guru, pihak sekolah, dan peneliti lain disarankan untuk mengembangkan model pembelajaran aktif tipe Jigsaw.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar; Hasil Belajar; Model Jigsaw; Sifat-sifat Bangun Datar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 18:39
Last Modified: 11 Nov 2015 18:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21196

Actions (login required)

View Item View Item