PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DI KELAS IV SD NGALIYAN 01 SEMARANG


Shalih Fadholi , 1401410137 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DI KELAS IV SD NGALIYAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401410137-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data awal hasil observasi, diketahui bahwa penyebab rendahnya kualitas pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi di kelas IV SD Ngaliya 01 Semarang adalah pembelajaran masih didominasi oleh guru, siswa kurang aktif dalam pembelajaran, suasana belajar yang kurang kondusif, guru hanya menggunakan metode ceramah, penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik, pencapaian hasil belajar belum optimal. Untuk memperbaiki dilakukan penelitian menggunakan pendekatan saintifik dengan media video pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan siswa kelas IVD SDN Ngaliyan 01 Semarang dengan jumlah 33 siswa, sedangkan Guru kelas IVD SD Ngaliyan 01 Semarang bertindak sebagai observer. Variabel penelitian ini adalah Perilaku pembelajaran guru, Perilaku pembelajaran siswa, Iklim pembelajaran, Materi pembelajaran, Media pembelajaran, dan Kompetensi belajar siswa. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perilaku pembelajaran guru pada siklus I memperoleh skor 19,0 meningkat pada siklus II menjadi 24,5; (2) Perilaku pembelajaran siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 18 pada siklus II rata- rata skor 22,2; (3) Iklim pembelajaran meningkat dari siklus I jumlah skor rata-rata 2,5 menjadi 3,3 pada siklus II; (4) Materi pembelajaran siklus I memperoleh 2,5 meningkat pada siklus II menjadi 3,2; (5)Media pembelajaran siklus I memperoleh skor 2,7 meningkat pada siklus II menjadi 3,5; (6) Hasil belajar siswa aspek sikap meningkat yaitu rata-rata skor 2,5 pada siklus I menjadi 3,0 pada siklus II. Aspek keterampilan meningkat dari 2,47 pada siklus I menjadi 3,26 pada siklus II. Aspek pengetahuan pada siklus I, 72,7% dari jumlah keseluruhan siswa semuanya mencapai ketuntasan KKM, meningkat menjadi 93,9% dari jumlah keseluruhan siswa. Kompetensi sikap spiritual pada siklus I dan siklus II memperoleh skor modus 3 (Baik). Kompetensi sikap sosial pada siklus I dan siklus II memperoleh skor modus 3 (Baik). Simpulan dari penelitian ini adalah melalui pembelajaran tematik dengan media video pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tematik Tema Selalu Berhemat Energi di kelas IVD SD Ngaliyan 01 Semarang. Saran dari peneliti adalah pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik menggunakan media video pembelajaran ini diterapkan pada tema yang lain sehingga pembelajaran lebih inovatif dan menyenangkan dalam perbaikan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Saintifik,Video Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 18:28
Last Modified: 11 Nov 2015 18:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21193

Actions (login required)

View Item View Item