PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SAVI DENGAN MODEL TEAM GAME TOURNAMENT DI KELAS V SD KARANGAYU 02 SEMARANG


YOAN CAHYA AGUSTIN , 1401409237 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SAVI DENGAN MODEL TEAM GAME TOURNAMENT DI KELAS V SD KARANGAYU 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401409237-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas VA SDN Karangayu 02 berlangsung kurang variatif dan bermakna. Siswa duduk pasif dan guru berceramah tanpa menggunakan media pembelajaran yang menarik. Siswa kurang diberi kesempatan untuk bergerak misalnya dengan menggunakan alat peraga dan bermain game. Tidak ada kerja sama yang baik antarsiswa. Selain itu, guru juga kurang memberikan penguatan dan penghargaan kepada siswa sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Rumusan masalah secara umum: Bagaimanakah meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas VA SDN Karangayu 02?. Tujuan umum penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui pendekatan SAVI dengan model Team Game Tournament pada siswa kelas VA SDN Karangayu 02 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan tiap siklusnya. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA SDN Karangayu 02. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes.Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan penilaian acuan patokan dan data kualitatif yang diolah dengan membagi rentang skor menjadi 4 kategori yaitu kurang, cukup, baik, sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Keterampilan guru meningkat dari siklus I ke siklus II dengan skor rata-rata 33,5 menjadi 45,5. (2) Aktivitas siswa meningkat dari siklus I ke siklus II dengan skor rata-rata 12,47 menjadi 14,47. (3) Iklim pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II dengan skor rata-rata 13,5 menjadi 18,5. (4) Materi pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II dengan skor rata-rata 14,5 menjadi 18. (5) Media pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II dengan skor rata-rata 13 menjadi 16. (6) Hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari perolehan ketuntasan klasikal 67,65% menjadi 85,29%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui pendekatan SAVI dengan model Team GameTournament dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, iklim, materi, media, dan hasil belajar siswa sehingga kualitas pembelajaran matematika di kelas VA SDN Karangayu 02 juga meningkat. Saran bagi guru, dapat menerapkan pembelajaran melalui pendekatan SAVI dengan model Team Game Tournament agar dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas baik guru maupun siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran Matematika, SAVI, TGT
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 18:22
Last Modified: 11 Nov 2015 18:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21190

Actions (login required)

View Item View Item