PENGARUH CARA BELAJAR, DISIPLIN, DAN MOTIVASI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA(Studi Kasus Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran Mata Diklat Kearsipan Di SMK Negeri 3 Jepara Tahun Ajaran 2014/2015)


Nuryati, 7101411160 (2015) PENGARUH CARA BELAJAR, DISIPLIN, DAN MOTIVASI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA(Studi Kasus Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran Mata Diklat Kearsipan Di SMK Negeri 3 Jepara Tahun Ajaran 2014/2015). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411160-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Setiap individu selalu mengalami proses belajar dalam kehidupannya, dengan belajar akan memungkinkan individu untuk mengadakan perubahan di dalam dirinya.Perubahan ini dapat berupa penguasaan suatu kecakapan tertentu, perubahan sikap, memiliki ilmu pengetahuan yang berbeda dari sebelum seseorang melakukan proses belajar.Sehingga belajar sangat penting untuk perubahan sikap dan memiliki ilmu pengetahuan. Keaktifan belajar siswa dari data guru dengan rata-rata sebesar 22,20%, hal ini menunjukkan bahwa Keaktifan belajar siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoranmasih rendah. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh cara belajar, disiplin, dan motivasi terhadap keaktifan belajar siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantorandi SMK Negeri 3 Jepara tahun ajaran 2014/2015secara simultan maupun parsial. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh cara belajar, disiplin, danmotivasi terhadap keaktifan belajar siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantorandi SMK Negeri 3 Jepara tahun ajaran 2014/2015secara simultan maupun parsial.Populasi yang diteliti dalam penelitian ini merupakan siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran2014/2015 sebanyak 118 siswa. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu cara belajar, disiplin, motivasi, dan keaktifan belajar siswa. Pengumpulan data dengan cara kuisioner, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda.Hasil dari analisis regresi berganda penelitian ini yaitu Y = 3,545 + 0,372X1+ 0,242X2+ 0,084X3+ e. Ada pengaruh secara simultan sebesar 90,9%, sedangkan pengaruh secara parsial cara belajar sebesar 48,16%, disiplin sebesar 22,84%, dan motivasi sebesar 4,79%.Kesimpulan penelitian ini yaitu ada pengaruh cara belajar, disiplin, dan motivasi terhadap keaktifan belajar siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 3 Jepara tahun ajaran 2014/2015 secara simultan maupun secara parsial. Saran cara belajar yaitu perlunya membiasakan diri untuk rutin belajar baik di sekolah maupun di rumah dengan membuat jadwal belajar, untuk disiplin yaitu perlunya memiliki rasa percaya diri dalammengerjakan tugas dan ulangan sehingga siswa tidak selalu bergantung dengan siswa lainnya, untuk motivasi yaitu perlu belajar lebih giat lagi dalam menambah wawasan sehingga pendapat yang sudah disampaikan dapat dipertahankannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cara Belajar, Disiplin, Motivasi, Keaktifan Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 18:17
Last Modified: 11 Nov 2015 18:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21189

Actions (login required)

View Item View Item