MENINGKATKAN PERILAKU BELAJAR EFEKTIF SISWA DALAM MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING FORMAT KLASIKAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA 8 SISWA KELAS X IIS 2 SMA N 1 MUNTILAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Ahmad Rizqiyani , 1301411040 (2015) MENINGKATKAN PERILAKU BELAJAR EFEKTIF SISWA DALAM MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING FORMAT KLASIKAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA 8 SISWA KELAS X IIS 2 SMA N 1 MUNTILAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1528Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ditemukan di kelas X-IIS 2 SMA Negeri 1 Muntilan yang menunjukkan perilaku belajar tidak efektif saat mengikuti layanan BK format klasikal. data ini diperkuat dengan hasil wawancara pada guru BK, dimana perilaku siswa yang memiliki perhatian rendah saat konselor memberikan materi, kurang serius dalam menjawab pertanyaan, sering ribut di kelas, saling menghina antar teman meskipun proses pemberian layanan sedang berlangsung, siswa cenderung bersikap agresif dan siswa sulit diatur. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah perilaku belajar efektif siswa dalam mengikuti layanan BK format klasikal dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang peningkatan perilaku belajar efektif siswa melalui layanan bimbingan kelompok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X-IIS 2 SMA N 1 Muntilan yang berjumlah 28 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian sejumlah 8 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan alat bantu check list. Analisis data yang digunakan melalui analisis deskriptif presentase dan uji wilcoxon pairs match. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku belajar efektif siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok termasuk kategori sangat rendah dengan presentase rata-rata sebesar 15,17%. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase 70,98% sehingga terjadi peningkatan sebesar 55,81%. Selain itu diperoleh data melalui uji wilcoxon pairs match dengan n=8 taraf signifikansi 5% didapatkan Thitung<Ttabel (0<4) atau Ha diterima dan Ho ditolak. Simpulan penelitian ini adalah perilaku belajar efektif siswa dalam mengikuti layanan bimbingan dan konseling format klasikal siswa kelas X-IIS 2 SMA N 1 Muntilan tahun ajaran 2014/2015 dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Sehubungan dengan hasil penelitian ini diharapkan guru BK mau memanfaatkan layanan bimbingan kelompok dengan sebaik-baiknya untuk membantu siswa dalam meningkatkan perilaku belajar efektif. Disamping itu siswa diharapkan mampu mengikuti layanan BK format klasikal secara baik setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: perilaku belajar efektif siswa; bimbingan kelompok.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
    B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
    Depositing User: imanda fachruddin unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 13:07
    Last Modified: 11 Nov 2015 13:07

    Actions (login required)

    View Item