EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI POKOK MANAJEMEN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XIIS SMA NEGERI 3 SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2014/2015


Mirza Anindya Pangestika, 7101411156 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI POKOK MANAJEMEN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XIIS SMA NEGERI 3 SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411156-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tingkat kecepatan belajar siswa yang berbeda-beda menuntut kreatifitas guru dalam menggunakan model pembelajaran yang sesuai. Penerapan model pembelajaran yang kurang tepat akan menyebabkan peserta didik kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Model pembelajaran guided discovery learningmerupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan untuk bisa membantu guru dalam menyampaikan materi ajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery learninglebih efektif meningkatkan hasil belajar dan lebih efektif dalam melatih kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, jenis desain yang digunakan desain quasi-eksperimental dengan pola nonequivalentcontrol group design.Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 117 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan kelas X IIS 2 sebagai kelas eksperimen dan X IIS 1 sebagai kelas Kontrol. Variabel dalam pelitian ini adalah hasil belajar dan kemandirian belajar (Y) dan model pembelajaran guide discovery learning(X). Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan angket. Pengujian hipotesis pertama dalam penelitian ini menggunakan uji Paired Sample Testsedangkanhipotesis ke dua dan ketiga menggunakan uji Independent Sanple Test.Berdasarkan uji tahap akhir, dari uji normalitas diperoleh data berdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen atau sama. Pengujian hipotesis pertama menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar antara sebelum dan sesudah treatmentdi kelas eksperimen. Pengujian hipotesis kedua menunjukan ada perbedaan hasil belajar kedua kelas sampel, kelas eskerimen memperoleh hasil belajar lebihtinggi dari kelas kontrol. Pengujian hipotesis ketiga juga menunjukan bahwa kemandirian belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided discovery learningmampu meningkatkan hasil belajar siswa dan lebih efektif meningkatkan hasil belajar dan melatih kemandirian belajar siswa pada pokok bahasan manajemen. Saran yang dianjurkan adalah model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bagi guru dalam pembelajaran agar siswa dapat lebih semangat sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswadan melatih kemandirian belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kemandirian Belajar, Model Pembelajaran Guided Discovery Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 18:06
Last Modified: 11 Nov 2015 18:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21185

Actions (login required)

View Item View Item