PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 14 SEMARANG


Retno Singga Dewi, 710111142 (2015) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 14 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411142-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor baik faktor internal maupun eksternal. Dalam penelitian ini faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar siswa adalah disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya. Masalah dalam penelitian ini berdasarkan hasil penelitian awal menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 14 Semarang belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 14 Semarang.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 14 Semarang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 128 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 56 siswa di hitung dengan rumus slovin dengan taraf kesalahan 10%. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode dokumentasi dan angket atau kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentasedan regresilinear berganda.Hasil penelitian menunjukan bahwa disiplin belajar dan lingkungan teman sebayaberpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar siswa(62,9%). Pengaruh secara parsial juga didapatkan pada tiap variabel bebas terhadap variabel terikat. Pada disiplin belajarberpengaruh terhadap hasil belajar siswa(15,3%). Adapun lingkungan teman sebayaberpengaruh terhadap hasil belajar siswa(18,8%). Simpulan penelitian ini bahwa disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya berpengaruh terhadap hasilbelajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 14 Semarang. Saran yang dapat diberikan adalahdiharapkan siswa lebih meningkatkan kedisiplinan belajarnya di sekolah maupun di rumah. Siswa diharapkan mampu bergaul dengan teman sebaya yang dapat memberi pengaruh positif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 18:01
Last Modified: 11 Nov 2015 18:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21184

Actions (login required)

View Item View Item