PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA MATA DIKLAT PRODUKTIF ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS XI DI SMK NU 01 KENDAL TAHUN AJARAN 2014/2015


Ni'matul Fauziyyah, 7101411140 (2015) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA MATA DIKLAT PRODUKTIF ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS XI DI SMK NU 01 KENDAL TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411140-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Perilaku belajar merupakan kebiasaan belajar yang dilakukan oleh individu secara berulang-ulang. Kebiasaan yang jelek disebabkan karena kurangnya kesadaran siswa dalam belajar disekolah maupun dirumah. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh pendidikan karakter dan lingkungan keluarga terhadap perilaku belajar siswa kelas XI SMK NU 01 Kendal secara simultan maupun parsial. Tujuan dari penelitian ini yaituuntuk mengetahui adakah pengaruh pendidikan karakter dan lingkungan keluarga terhadap perilaku belajar siswa kelas XI secara simultan maupun parsial.Populasi dalam penelitian ini adalahsiswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK NU 01 Kendal yang berjumlah 88 siswa. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu pendidikan karakter, lingkungan keluarga dan perilaku belajar siswa. Pengumpulan data menggunakankuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil dari analisis regresi ganda penelitian ini yaitu Y = -1.074 + 0.360X1 + 0.335X2. Ada pengaruh secara simultan sebesar 47.2%, sedangkan pengaruh secara parsial pendidikan karakter sebesar 25.2%, dan lingkungan keluarga sebesar 14.7%. Kecilnya pengaruh secara bersama-sama dikarenakan dalam penelitian ini hanya menggunakan dua variabel terikat yaitu pendidikan karakter dan lingkungan keluarga.Kesimpulan penelitian ini yaitu ada pengaruh pendidikan karakter dan lingkungan keluarga terhadap perilaku belajar siswa mata diklat produktif administrasi perkantoran secara simultan maupun parsial. Saran untuk siswa tingkatkan lagi tanggung jawab untuk melaksanakan tugas dan kewajiban. Sedangkan saran untuk orang tua yaitu lebih memperhatikan kegiatanbelajar anaknya supaya anak memiliki kesemangatan dalam belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Lingkungan Keluarga dan Perilaku Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 17:53
Last Modified: 11 Nov 2015 17:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21181

Actions (login required)

View Item View Item