FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR STANDAR KOMPETENSI MENCATAT DIKTE UNTUK MEMPERSIAPKAN NASKAH PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN SEKRETARIS DI SMK NEGERI 2 BLORA


Ninta K Bangun , 3301404034 (2009) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR STANDAR KOMPETENSI MENCATAT DIKTE UNTUK MEMPERSIAPKAN NASKAH PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN SEKRETARIS DI SMK NEGERI 2 BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR STANDAR KOMPETENSI MENCATAT DIKTE UNTUK MEMPERSIAPKAN NASKAH PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN SEKRETARIS DI SMK NEGERI 2 BLORA]
Preview
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR STANDAR KOMPETENSI MENCATAT DIKTE UNTUK MEMPERSIAPKAN NASKAH PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN SEKRETARIS DI SMK NEGERI 2 BLORA) - Published Version
Download (578kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini yaitu Siswa SMK Negeri 2 Blora hanya memiliki nilai rata-rata harian 6,95 pada standar kompetensi mencatat dikte untuk mempersiapkan naskah, dimana seharusnya untuk mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan program produktif setiap siswa harus mencapai nilai minimum yakni nilai 7 (tujuh). Permasalahan dalam penelitian ini adalah “(1) Adakah pengaruh faktor anak didik, keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat terhadap kesulitan belajar siswa pada standar kompetensi mencatat dikte untuk mempersiapkan naskah pada siswa kelas XI program keahlian sekretaris di SMK Negeri 2 Blora? (2) Faktor manakah yang paling berpengaruh terhadap kesulitan belajar siswa pada standar kompetensi mencatat dikte untuk mempesiapkan naskah pada siswa kelas XI program keahlian sekretaris di SMK Negeri 2 Blora?”. Peneilitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh faktor anak didik, keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat terhadap kesulitan belajar siswa pada standar kompetensi mencatat dikte untuk mempersiapkan naskah pada siswa kelas XI program keahlian sekretaris di SMK Negeri 2 Blora (2) untuk mengetahui Faktor manakah yang paling berpengaruh terhadap kesulitan belajar siswa pada standar kompetensi mencatat dikte untuk mempesiapkan naskah pada siswa kelas XI program keahlian sekretaris di SMK Negeri 2 Blora. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian Sekretaris di SMK Negeri 2 Blora yang berjumlah 78 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan cara acak, dengan catatan setiap karakter dari siswa akan terwakili. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi, analisis data didasarkan pada regresi linier ganda. Berdasarkan uji simultan diperoleh Fhitung sebesar 92,842 dengan signifikasi = 0,000 < 0,05 karena signifikasi kurang dari 0,05 maka H a diterima. Pada pengujian secara parsial dengan uji t diperoleh Fhitung untuk X1 sebesar 2,407 dengan signifikasi 0,019, X2 sebesar 2,338 dengan signifikasi 0,022, X3 sebesar 4,645 dengan nilai signifikasi 0,000, dan X4 sebesar 4,192 dengan signifikansi 0,000 karena signifikasi kurang dari 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Secara simultan anak didik (X1), keluarga (X2), sekolah (X3), dan lingkungan masyarakat (X4) berpengaruh terhadap kesulitan belajar siswa (Y) sebesar 83,6%. Sedangkan secara parsial, pengaruh X1 terhadap Y sebesar 7,34%, pengaruh X2 terhadap Y sebesar 6,97%, pengaruh X3 terhadap Y sebesar 22,85%, dan pengaruh X4 terhadap Y sebesar 19,36%. Hal ini berarti pengaruh X4 lebih besar dibandingkan X1, X2, dan X3 terhadap Y. Saran yang perlu diajukan dalam penelitian ini adalah : (1) Para siswa hendaknya memperhatikan tingkat kehadiran dan ketepatan waktu pada jam pelajaran standar kompetensi mencatat dikte untuk mempersiapkan naskah (2) Pihak sekolah hendaknya memperbanyak koleksi buku terutama buku standar kompetensi mencatat dikte untuk mempersipakan naskah, melengkapi saran dan prasarana dalam belajar, serta membuat suasana yang lebih kondusif dalam belajar terutama dalam belajar standar kompetensi mencatat dikte untuk mempersiapkan naskah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar Standar Kompetensi Mencatat Dikte Untuk Mempersiapkan Naskah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 04 May 2011 07:23
Last Modified: 25 Apr 2015 04:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2118

Actions (login required)

View Item View Item