PENGARUH PENGETAHUAN WIRAUSAHA DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI JURUSAN PEMASARAN SMK NEGERI 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015


Ermawati, 7101411133 (2015) PENGARUH PENGETAHUAN WIRAUSAHA DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI JURUSAN PEMASARAN SMK NEGERI 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411133-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Minat berperan sangat penting dalam kehidupan peserta didik dan mempunyai dampak yang besar terhadap sikap dan perilaku. Seseorang dikatakan memiliki minat berwirausaha yang tinggi dapat dilihat dari berbagai aspek kepribadian seperti watak, sikap dan perilaku seseorang. Berdasarkan observasi awal minat berwirausaha siswa di SMK Negeri 2 Semarang masih rendah hal ini terlihat dari makin banyaknya lulusan yang lebih memilih untuk bekerja dibandingkan dengan mendirikan usaha. Diduga hal ini dipengaruhi oleh pengetahuan wirausaha dan kepercayaan diri yang peranannya dapat meningkatkan minat siswa untuk membuka usaha. Perumusan masalah dalam penelitian seberapa besar pengaruh pengetahuan wirausaha dan keprcayaan diri terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI jurusan pemasaran SMK Negeri 2 Semarang baik secara simultan maupun parsial.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 104 siswa yang keseluruhanya yaitu kelas XI jurusan pemasaran SMK Negeri 2 Semarang, karena penelitian ini merupakan penelitian populasi sehingga semua populasi dijadikan sempel penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskripsi persentase dan analisis regresi berganda. Berdasarkan analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = 0,156 + 0,252X1 + 0,443X2. Hasil uji hipotesis diperoleh hasil secara parsial pengetahuan wirausaha berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha sebesar 21,16% dan kepercayaan diri berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha sebesar 13,24%, sedangkan secara simultan pengetahuan wirausaha dan kepercayaan diri secara bersama-sama mempengaruhi minat berwirausaha sebesar 47,2% selebihnya 52,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara pengetahuan wirausaha dan kepercayaan diri terhadap minat berwirausaha siswa baik secara parsial maupun secara simultan. Dari penelitian ini dapat dikemukakan saran bahwa pihak sekolahsebaiknya lebih membekali pengetahuan kewirausahaan dalam proses pembelajaran kewirausahaan di sekolah, guru diharapkan mampu memberikan gambaran keberhasilan dan kegagalan kewirausahaan serta dapat menyakinkan siswa untuk tetap percaya diri dalam menghadapi segala resiko dan tantangan yang akan terjadi dalam berwirausaha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Wirausaha, Kepercayaan Diri, Minat Berwirausaha
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 17:50
Last Modified: 11 Nov 2015 17:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21179

Actions (login required)

View Item View Item