PENGARUH EFIKASI DIRI, KETERAMPILAN MENGAJAR GURU, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSISMK MA’ARIF NU TALANG TEGAL


Lestari Wahyu Anggraeni, 7101411130 (2015) PENGARUH EFIKASI DIRI, KETERAMPILAN MENGAJAR GURU, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSISMK MA’ARIF NU TALANG TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411130-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SMK Ma’arif NU Talang Tegal diketahui bawa belum semua siswa kelas XI Akuntansi memperoleh prestasi belajar akuntansi yang tinggi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh positif secara simultan efikasi diri, keterampilan mengajar guru, dan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi. Adakah pengaruh positif secara parsial efikasi diri, keterampilan mengajar guru, dan statussosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Ma’arif NU Talang Tegal tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 34 siswa. Teknik pengambilan sampel saturation sampling(sampel jenuh), sehingga seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik infrensial.Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh positif secara simultan efikasi diri, keterampilan mengajar guru, dan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi, (2) ada pengaruh positif secara parsial efikasi diri terhadap prestasi belajar akuntansi, (3) ada pengaruh positif secara parsial keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi, (4) ada pengaruh positif secara parsial status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi.Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa efikasi diri, keterampilan mengajar guru, dan status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif secara simultan maupun parsial terhadap prestasi belajar akuntansi. Saran yang diberikan hendaknya siswa meningkatkan kepercayaan pada diri sendiri dalam belajaragar dapat mencapai prestasi belajar akuntansi yang tinggi, guru hendaknya meningkatkan keterampilan memberikan penguatan dan orang tua siswa hendaknya berusaha memaksimalkan tingkat pendidikannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, Keterampilan Mengajar Guru, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 17:47
Last Modified: 11 Nov 2015 17:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21178

Actions (login required)

View Item View Item