IDENTIFIKASI SISTEM KOPLING DAN TRANSMISI MANUAL PADA TOYOTA KIJANG INNOVA TIPE G


Muhammad Nuril Anwar, 5211312029 (2015) IDENTIFIKASI SISTEM KOPLING DAN TRANSMISI MANUAL PADA TOYOTA KIJANG INNOVA TIPE G. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5211312029-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan tugas akhir ini tentang mengidentifikasi sistem kopling dan transmisi manual Toyota Kijang Innova yaitu mengetahui komponen kopling dan transmisi manual pada Toyota Kijang Innova. Sistem kopling dan transmisi manual merupakan salah satu jenis sistem pemindah daya (power train). Sistem kopling bekerja dari mulai putaran poros engkol pada mesin, lalu diterima oleh kopling melalui adanya gesekan antara plat kopling dengan flywheel. Tenaga yang diterima plat kopling kemudian disalurkan ke transmisi. Komponen-komponen utama kopling pada Toyota Innova Tipe G antara lain plat kopling, rumah kopling (clutch cover), pegas diafragma (diaphragm spring), serta plat penekan (pressure plat). Prinsip kerjanya yaitu pada saat pedal kopling ditekan penuh, gerakan pedal akan diteruskan oleh mekanisme penggerak, sehingga akan mendorong plat penekan melawan dorongan pegas penekan, maka plat kopling tidak mendapat dorongan. Gesekan antara plat kopling dengan flywheel dan plat penekan tidak terjadi, sehingga dalam hal ini putaran mesin tidak diteruskan. Apabila pedal kopling dilepas, maka gaya pegas akan kembali mendorong dengan penuh plat penekan. Plat penekan menghimpit plat kopling ke flywheel dengan kuat, sehingga terjadi gesekan yang kuat dan mengakibatkan plat kopling dan flywheel berputar bersamaan sesuai dengan putaran poros engkol. Dengan demikian putaran dan daya mesin diteruskan sepenuhnya tanpa slip. Transmisi toyata kijang innova menggunakan sistem mesin depan penggerak roda belakang dan komponen transmisi terdiri dari beberapa bagian yaitu transmision case, main shaft, gear shift control mechanism, extention housing. Bagian–bagian dari transmisi jenis syncromesh ini adalah cluth hub, hub sleeve, syncromesh ring, shifting key. Transmisi merupakan komponen pemindah daya yang berfungsi untuk mereduksi moment, merubah kecepatan kendaraan, merubah arah putaran untuk maju atau mundur dan memutus tenaga dari mesin ke penggerak roda. Transmisi yang digunakan adalah jenis synchromesh, dimana jenis ini perkaitan gigi percepatan dengan counter gear adalah tetap, sebagai penghubung tiap gigi percepatan dipasang unit synchromesh. Unit synchromesh ini dapat bekerja pada putaran tinggi sehingga dapat memindahkan gigi percepatan dengan aman dan lembut. Permasalahan yang dibahas dalam penulisan tugas akhir ini yaitu mengenai konstruksi, prinsip kerja, cara mengidentifikasi v komponen dan mengukur komponen dan perhitungan gear ratio transmisi manual yang terdapat pada sistem kopling dan transmisi manual pada mobil Toyota Innova Tipe G.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Toyota Innova Tipe G, plat kopling, transmisi manual, flywheel
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin, D3
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 19:18
Last Modified: 11 Nov 2015 19:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21176

Actions (login required)

View Item View Item