PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMIDI SMA NEGERI 5 SEMARANG


Rizki Widya Nugrahini, 7101411129 (2015) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMIDI SMA NEGERI 5 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411129-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar memiliki banyak faktor yang mempengaruhinya antara lain lingkungan keluarga dan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Permasalahan penelitian ini: masih banyak siswa yang tidak mau membeli dan membayar buku, tidak fokus pada materi yang diajarkan, malas membuka buku ekonomi dan selalu mengeluh ketika diberi tugas. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruhlingkungan keluarga dan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar secara simultan maupun parsial terhadap motivasi belajar ekonomi.Populasi seluruh siswa (IIS) SMA Negeri 5 Semarang (192 siswa), sampel 66 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan angket.Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda.Analisis deskriptif persentase: lingkungan keluarga berkategori baik (59%), pemanfaatan internet sebagai sumber belajar berkategori baik (67%), motivasi belajar dalam kategori tinggi (62%). Hasil penelitian: lingkungan keluarga dan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar secara simultan berpengaruh terhadap motivasi belajar ekonomi (39,8%). Secara parsial lingkungan keluarga berpengaruh (17,2%), pemanfaatan internet sebagai sumber belajar berpengaruh (8,6%) terhadap motivasi belajar ekonomi.Kesimpulan lingkungan keluarga dan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar ekonomi di SMA Negeri 5 Semarang baik secara simultan maupun parsial. Saran, lingkungan keluarga harus tetap dijaga dalam kondisi yang baik, pemanfaatan media pembelajaran internet diharapakan lebih optimal, keluarga diharapkan selalu menjaga suasana rumah agar tetap kondusif, tenang, tenteram, dan menyenangkan, siswa diharapkan lebih meningkatkan intensitas dalam mengakses informasi ekonomi melalui internet.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 17:43
Last Modified: 11 Nov 2015 17:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21175

Actions (login required)

View Item View Item