EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL DAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI DASAR JURNAL PENYESUAIAN SMA TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015


Aisyah Nur Rizki, 7101411116 (2015) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL DAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI DASAR JURNAL PENYESUAIAN SMA TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411116-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang baik adalah yang mampu mengubah hasil belajar menjadi lebih baik dan partisipasi belajar siswa meningkat. Metode pembelajaran problem posingterbukti efektif dalam meningkatkan hasil dan partisipasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen tentang peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran problem posingdi SMA Teuku Umar Semarang. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan partisipasi belajar (Y) dan metode problem posing(X). Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, tes dan observasi. Pengujian hipotesis pertama dalam penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test, kedua dan ketiga menggunakan uji independent sample test.Berdasarkan uji analisis tahap akhir diperoleh data berdistribusi normal dan homogeny. Pada analisis uji hipotesis pertama diperoleh hasil bahwa adanya peningkatan hasil belajar setelah perlakuan yaitu dengan menggunakan metode problem posing. Pada hipotesis kedua diperoleh hasil bahwa metode pembelajaran problem posinglebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran ceramah, dan uji hipotesis ketiga menyatakan bahwa metode pembelajaran problem posingterbukti dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode problem posing mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa dan partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi pokok bahasan jurnal penyesuaian perusahaan jasa. Siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode problem posinghasil belajar dan partisipasi belajar lebih baik jika dibandingkan dengan metode pembelajaran ceramah. Oleh karena itu, gru disarankan untuk mengembangkan metode belajar berupa penggunaan metode problem posingdalam pembelajaran, serta menerapkan metode ini pada pokok bahasan lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasi Belajar, Partisipasi, Metode PembelajaranProblem Posing, Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 17:36
Last Modified: 11 Nov 2015 17:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21170

Actions (login required)

View Item View Item