MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI ILMU STATIKA DAN TEGANGAN MATERI POKOK PENGERTIAN GAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA KELAS X TEKNIK KONSTRUKSI BANGUNAN 1 SMK NEGERI 7 (STM PEMBANGUNAN) SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2008/ 2009


Umar Khasan , 5101404029 (2009) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI ILMU STATIKA DAN TEGANGAN MATERI POKOK PENGERTIAN GAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA KELAS X TEKNIK KONSTRUKSI BANGUNAN 1 SMK NEGERI 7 (STM PEMBANGUNAN) SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2008/ 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI ILMU STATIKA DAN TEGANGAN MATERI POKOK PENGERTIAN GAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA KELAS X TEKNIK KONSTRUKSI BANGUNAN 1 SMK NEGERI 7 (STM PEMBANGUNAN) SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2008/ 2009]
Preview
PDF (MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI ILMU STATIKA DAN TEGANGAN MATERI POKOK PENGERTIAN GAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA KELAS X TEKNIK KONSTRUKSI BANGUNAN 1 SMK NEGERI 7 (STM PEMBANGUNAN) SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2008/ 2009) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Menjamin keberhasilan proses pembelajaran maka proses belajar mengajar di kelas direncanakan agar mengaktifkan siswa. Pembelajaran berkaitan dengan proses memandirikan hidup dikemudian hari. Menurut pengamatan tampaknya masih banyak guru yang perlu mendapat bantuan dalam melakukan pengelolaan proses belajar mengajar terutama dalam pelajaran ilmu statika dan tegangan. Hal ini tampak pada hasil yang dicapai oleh para siswa. Baik tes maupun ujian akhir sekolah. Walaupun ketidakberhasilan tersebut kemungkinan dipengaruhi oleh faktor lain. Pembelajaran dengan model tutor sebaya lebih menekankan pada aspek komunikasi sehingga siswa dapat lebih leluasa untuk mengungkapkan gagasan/ide-idenya tentang materi yang telah mereka pelajari tanpa rasa canggung karena yang dimintai bantuan adalah temannya sendiri. Dengan demikian kemampuan siswa pada kompetensi ilmu statika dan tegangan diharapkan dapat meningkat. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 7 (STM Pembangunan) Semarang program keahlian Teknik Konstruksi Bangunan 1 semester satu tahun pelajaran 2008/2009 dengan jumlah 36 siswa dengan 31 siswa putra dan 5 siswa putri. Penelitian ini dilaksanakan dalam siklus, tiap siklus dalam penelitian meliputi empat langkah yaitu, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah diperoleh skor ratarata kinerja guru dalam pembelajaran tutor sebaya ≥ 2,5 (kegiatan belajar mengajar baik), skor rata-rata keaktifan siswa dalam pembelajaran tutor sebaya ≥ 2,50, 100% dari jumlah siswa berkategori tuntas belajar dengan kriteria tuntas belajar apabila nilai evaluasi ≥ 7,00 dan nilai rata-rata kelas ≥ 75,00. Model pembelajaran tutor sebaya yang telah dilaksanakan di kelas X Teknik Konstruksi Bangunan 1 SMK Negeri 7 (STM Pembangunan) Semarang mata pelajaran ilmu statika dan tegangan tahun pelajaran 2008/2009 dapat meningkatkan kemampuan siswa. Dengan rincian nilai rata-rata kelas merupakan kemampuan siswa yang digambarkan dengan kemampuan kognitif diperoleh sebesar 76,11 pada akhir penelitian di atas indikator keberhasilan 75,00 dan presentase tuntas belajar sebesar 100%. Kinerja guru dalam pembelajaran berkategori baik yaitu sebesar 3,03 diatas indikator 2,50 kemudian keaktifan siswa dalam pembelajaran juga berkategori baik sebesar 2,90 diatas indikator 2,50. Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa melalui model pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X Teknik Konstruksi Bangunan 1 SMK Negeri 7 (STM Pembangunan) Semarang. Model pembelajaran tutor sebaya dapat diterapkan pada mata pelajaran yang mempunyai struktur pemahaman yang cenderung sama sebagai salah satu alternatif model pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, tutor sebaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 04 May 2011 06:26
Last Modified: 25 Apr 2015 04:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2117

Actions (login required)

View Item View Item