PERBEDAAN LATIHAN BACKHAND DRIVE DENGAN METODE SASARAN BERTAHAP KE BELAKANG DAN BERTAHAP KESAMPING TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN BACKHAND DRIVE PADA KLUB TENIS SMART SEMARANG TAHUN 2014


Nuara Galih Nugraha, 6301410022 (2015) PERBEDAAN LATIHAN BACKHAND DRIVE DENGAN METODE SASARAN BERTAHAP KE BELAKANG DAN BERTAHAP KESAMPING TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN BACKHAND DRIVE PADA KLUB TENIS SMART SEMARANG TAHUN 2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6301410022-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian: 1) apakah ada perbedaan latihan Backhand drive dengan metode sasaran bertahap ke belakang dan bertahap ke samping terhadap kemampuan melakukan backhand drive pada klub tenis Smart Semarang tahun 2014, 2) jika ditemukan perbedaan mana yang lebih baik antara metode sasaran bertahap ke belakang dengan metode bertahap ke samping terhadap kemampuan melakukan backhand drive pada klub tenis Smart Semarang tahun 2014. Penelitian bertujuan untuk : 1) untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan latihan backhand drive antara menggunakan metode sasaran bertahap ke belakang dan metode bertahap ke samping terhadap kemampuan melakukan backhand drive, 2) jika ditemukan perbedaan latihan backhand drive manakah yang lebih baik antara menggunakan metode sasaran bertahap ke belakang dengan metode bertahap ke samping terhadap kemampuan melakukan backhand drive pada klub tenis Smart Semarang tahun 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah petenis klub tenis Smart Semarang tahun 2014. Sedangakan sampel yang digunakan sebanyak 10 pemain. Teknik sampling yang digunakan purposive random sampling. Variabel bebas penelitian adalah latihan backhand drive bertahap ke belakang dan bertahap ke samping. Adapun variabel terikat adalah kemampuan melakukan backhand drive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik tes yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen (pre-test) dan sesudah eksperimen (post-test). Desain atau pola yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Matched Subject Desaign atau pola M-S. Hasil analisis data diperoleh 1) uji beda post tes diperoleh = 2,74 yang berarti 2,74 > 2,31, maka ada perbedaan antara latihan backhand drive dengan metode sasaran bertahap ke belakang (eksperimen) dan metode sasaran bertahap ke samping (kontrol) terhadap kemampuan melakukan backhand drive, 2) Mean dari latihan backhand drive dengan metode sasaran bertahap ke belakang = 40,4, metode sasaran bertahap ke samping = 37,0, maka latihan backhand drive dengan metode sasaran bertahap ke belakang lebih baik dari pada metode sasaran bertahap ke samping. Berdasarkan hasil penelitian, saran penulis adalah : Bagi pelatih sebaiknya menggunakan latihan backhand drive metode sasaran bertahap ke belakang, selain latihan ini dapat meningkatkan keakurasian pukulan, latihan ini juga baik untuk meningkatkan kecepatan pukulan. Kepada peneliti lain, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pembanding untuk penelitian yang sejenis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Latihan, Backhand Drive, Bertahap.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: rizqi mulyantara unnes
Date Deposited: 17 Nov 2015 10:55
Last Modified: 17 Nov 2015 10:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21162

Actions (login required)

View Item View Item