PENGARUH PEMANFAATAN E-LEARNING, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK HIDAYAH SEMARANG


Haikal Firmansyah Anas Pratama, 7101411108 (2015) PENGARUH PEMANFAATAN E-LEARNING, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK HIDAYAH SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411108-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data awal penelitian berupa dokumentasi dari nilai ulangan harian beberapa kompetansi dasar diketahui bahwa hanya terdapat 44,4%siswayang tuntas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan e-learning, lingkungan teman sebaya dan motivasi belajarberpengaruh terhadap prestasi belajarAkuntansisiswakelas X Akuntansi SMK Hidayah Semarang 2014/2015baik secara simultan maupun parsial.Populasidan sampeldalam penelitian ini adalahseluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Hidayah Semarang angkatan 2014/2015yang berjumlah 41 siswa. Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwapemanfaatan e-learning, lingkungan teman sebaya dan motivasi belajarsecara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Hidayah Semarang 2014/2015yaitu53%. Secara parsialpemanfaatan e-learningberpengaruhpositif dan signifikan yaitu 12,8%. Lingkungan teman sebayaberpengaruh positif dan signifikan yaitu 13,54%. Serta motivasi belajarberpengaruh positif dan signifikan yaitu 15,6%.Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan pemanfaatan e-learning, lingkungan teman sebaya dan motivasi belajarbaiksecara simultan maupun parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Akuntansi siswa. Saran yang diberikan, Guru harus meningkatkan keterampilandan intensitasdalam menggunakan strategi e-learningbukan hanya pada materi-materi tertentu saja. Selain itu media pemanfaatan e-learning disekolah harus di kembangkan,sehingga dapat mendorongsiswa dalam penggunaane-learning.Guru sebaiknya lebih memperhatikan lingkungan teman sebaya siswa terutama pada kerjasama dan persaingan teman sebaya dalam proses pembelajaran.Selain itu, siswa hendaknya lebih pandai dalam bergaul serta menjalin kerjasama yang baik dan sehat dibidang akademik dengan teman sebayanya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, E-Learning, Lingkungan Teman Sebaya, dan Motivasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 17:20
Last Modified: 11 Nov 2015 17:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21160

Actions (login required)

View Item View Item