PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMPN 2 Pringapus Tahun 2008/2009)


Afika Wulansari , 3301404052 (2009) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMPN 2 Pringapus Tahun 2008/2009). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMPN 2 Pringapus Tahun 2008/2009)]
Preview
PDF (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMPN 2 Pringapus Tahun 2008/2009)) - Published Version
Download (755kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran ekonomi merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan pada jenjang sekolah menengah. Motivasi belajar yang dimiliki siswa dan kondisi sosial ekonomi orang tua siswa merupakan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Dengan adanya motivasi belajar yang baik akan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Begitu pula dengan kondisi sosial ekonomi orang tua yang akan berpengaruh pada pemenuhan fasilitas belajar dan penciptaan kondisi belajar yang baik, sehingga akan berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Sehingga dengan adanya motivasi belajar dan kondisi sosial ekonomi orang tua yang akan senantiasa meningkatkan prestasi belajar siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1). Seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMPN 2 Pringapus? 2). Seberapa besar pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMPN 2 Pringapus? 3). Seberapa besar pengaruh motivasi belajar dan kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMPN 2 Pringapus? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMPN 2 Pringapus 2). Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMPN 2 Pringapus. 3). Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar dan kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMPN 2 Pringapus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Pringapus Tahun 2008/2009 yang berjumlah 144 siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling yang dihitung dengan rumus Slovin sebanyak 60 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari motivasi belajar dan kondisi sosial ekonomi orang tua sebagai variabel bebas dan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket atau kuesioner, metode dokumentasi dan metode wawancara. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi, terbukti dengan persamaan regresi ganda yang menunjukkan hasil :Yˆ = 12,588 + 0,485X1 + 0,576X2. Dari hasil olah data diperoleh Fhitung = 25,566 dengan probabilitas 0.000<0.05 yang berarti berpengaruh signifikan. Hasil uji parsial diperoleh thitung untuk motivasi belajar sebesar 3,433 dengan probabilitas 0,001<0,05, hal ini berarti ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi dan thitung untuk kondisi sosial ekonomi orang tua sebesar 2,642 dengan probabilitas 0,011<0,05, hal ini menunjukkan ada pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. Sumbangan motivasi belajar dan kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi masing-masing sebesar 17,1% dan 10,9%, secara simultan pengaruh motivasi belajar dan kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi sebesar 45,4%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil simpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. Cita-cita dan aspirasi siawa sudah baik namun masih ada siswa yang kurang memanfaatkan unsur-unsur dinamis dalam pembelajaran, kondisi lingkungan siswa yang kurang kondusif dan pemenuhan fasilitas belajar yang kurang memadai juga akan berpengaruh pada rendahnya prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, disarankan kepada orang tua siswa agar senantiasa menciptakan lingkungan yang kondusif dan tetap memprioritaskan kebutuhan belajar anaknya. Kepada pihak sekolah agar selalu berusaha menciptakan lingkungan belajar yang nyaman bagi siswa, dan selalu berkoordinasi dengan orang tua siswa tentang perkembangan prestasi anaknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Kondisi Sosial Ekonomi, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 04 May 2011 06:15
Last Modified: 25 Apr 2015 04:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2116

Actions (login required)

View Item View Item