PENGARUH MINAT BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IIS SMA NEGERI 7 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015


Beta Mutiara Hidayah, 7101411101 (2015) PENGARUH MINAT BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IIS SMA NEGERI 7 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411101-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara simultan maupun parsial antara minat belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS di SMA Negeri 7 Semarang tahun ajaran 2014/2015.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS SMA Negeri 7 Semarang tahun ajaran 2014/2015 sejumlah143 siswa dan jumlah sampel sebanyak 106 siswa yang diambil dengan menggunakan rumus Slovin. Pembagian sampel menggunakan teknik proportionalrandom sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan metode analisis datayang digunakan adalah statistikdeskriptif dan regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara simultan antara minat belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi 52,3%. Secara parsial minat belajar berpengaruh terhadap kesulitan belajar siswa 7,56%. Lingkungan keluarga berpengaruh terhadap kesulitan belajar siswa8,88%. Lingkungan sekolah berpengaruh terhadap kesulitan belajar siswa 5,66%.Minat belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap kesulitanbelajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS di SMA Negeri 7 Semarang. Kepadasiswa tingkatkan minat belajar, perbaiki metode belajar, sering mengulang materi pelajaran dan aktifdiskusibersama teman serta guru.Orang tua sebaiknya memberikan motivasi berupa perhatian dan dorongan belajar pada anak. Bagi pihak sekolahsebaiknya meningkatkan hubungan kerjasamadengan orang tuaagar dapat mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan memberikan solusi kesulitan belajar kepada setiap siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, LingkunganKeluarga, Lingkungan Sekolah,Kesulitan Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 17:16
Last Modified: 11 Nov 2015 17:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21157

Actions (login required)

View Item View Item