PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 03 Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes)


Nur „Aisyatinnaba‟, 1301410060 (2015) PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 03 Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1301410060-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam memotivasi belajar siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus..Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri3 Losari Brebes, dengan subyek 5 siswa dan 5 orang tua siswa. Subyek penelitian terdiri dari lima siswa dan lima orang tua siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Losari. penentuan subyek penelitian diambil dari hasil angket studi pendahuluan yaitu dengan memilih orang tua yang memiliki peran tinggi, sedang dan rendah. Metode pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan skala motivasi belajar.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan peran orang tua dalam memotivasi belajar siswa, Subyek satu orang tua memiliki peran tinggi dalam memotivasi belajar siswa, subyek juga memiliki motivasi belajar yang tinggi.Subyek dua peran orang tua memiliki peran rendah dalam memotivasi belajar siswa, subyek memiliki motivasi belajar yang rendah. Subyek tiga peran orang tua yang memiliki peran sedang dalam memotivasi belajar, subyek memiliki motivasi belajar yang sedang. Subyek empat peran orang tua memiliki peran tinggi dalam memotivasi belajar siswa, subyek memiliki motivasi belajar yang tinggi. Subyek lima peran orang tua yang memiliki peran rendah dalam memotivasi belajar, subyek meliliki motivasi belajar yang rendah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada subyek satu dan empat, peran orang tua yang memiliki peran tinggi dalam memotivasi belajar siswa diikuti dengan motivasi belajar siswa yang tinggi, pada subyek tiga, peran orang tua yang memiliki peran sedang dalam memotivasi belajar diikuti dengan motivasi belajar siswa yang dimiliki juga sedang, sementara pada subyek dua dan lima, orang tua yang memiliki peran rendah dalam memotivasi belajar, juga diikuti motivasi belajar yang rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran orang tua, Motivasi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 17:16
Last Modified: 11 Nov 2015 17:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21156

Actions (login required)

View Item View Item